Danik Eka Diprediksi Rebut Satu Kursi di Jatim IV

Danik Eka Diprediksi Rebut Satu Kursi di Jatim IV
Wakil Sekjen Partai Solidaritas Indonesia, Danik Eka Rahmaningtiyas. Dok JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Percobaan pertama mantan ketua umum Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) Danik Eka Rahmaningtyas jadi peserta pemilu bisa jadi berbuah manis. Maju sebagai caleg DPR RI untuk Dapil Jatim IV, politikus PSI ini berpeluang lolos ke Senayan.

Setidaknya itu menurut survei terbaru Y-Publica. Dengan elektabilitas mencapai 4,4 persen, Danik masuk jajaran enam besar caleg di dapil yang meliputi wilayah Lumajang dan Jember tersebut. Sebagai catatan, dapil Jatim IV mendapat alokasi delapan kursi pada pemilihan anggota legislatif (Pileg) 2019 mendatang.

“Danik merupakan figur asli Jember, mempunyai akar yang kuat di daerahnya sendiri,” ungkap Direktur Eksekutif Y-Publica Rudi Hartono dalam siaran pers di Jakarta, Sabtu (1/3).

Danik diketahui aktif bergiat dalam komunitas anak-anak muda di pedesaan, ditambah dengan kiprahnya sebagai pimpinan organisasi sayap pelajar Muhammadiyah di tingkat nasional.

“Wajah baru dan mewakili generasi milenial menjadi kekuatan Danik dalam meraup dukungan pemilih di tingkat dapil,” lanjut Rudi.

Pengalaman panjangnya dalam aktivitas kepemudaan sempat diganjar penghargaan di tingkat ASEAN. “Dengan segudang aktivisme, figur perempuan seperti Danik mampu mengolah jejaring dan dikonversi menjadi suara,” kata Rudi.

Elektabilitas tertinggi, yakni 10,6 persen diraih caleg NasDem Abdul Rochim yang merupakan suami dari bupati Jember, Faida. Sisanya dikuasai caleg-caleg petahana, yaitu Arif Wibowo dari PDIP (6,6 persen) serta dari PKB HM Syaiful Bahri Anshori (5,9 persen) dan Nur Yasin (3,1 persen).

“Pendatang baru lain yang berpotensi lolos adalah artis Emilia Contessa (5,3 persen),” lanjut Rudi.

Percobaan pertama mantan ketua umum Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) Danik Eka Rahmaningtyas jadi peserta pemilu bisa jadi berbuah manis.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News