Delegasi DPR Dorong Penggunaan Energi Alternatif di Forum Parlemen Asia

Delegasi DPR Dorong Penggunaan Energi Alternatif di Forum Parlemen Asia
Delegasi DPR RI menghadiri Sidang Komisi Ekonomi dan SDGs Parlemen Asia (Asian Parliamentary Assembly/APA) di Manama, ibu kota Bahrain, 24-27 Maret 2017. FOTO: Humas DPR RI

jpnn.com, MANAMA - Delegasi DPR RI dipimpin Rofi’ Munawar menghadiri Sidang Komisi Ekonomi dan SDGs Parlemen Asia (Asian Parliamentary Assembly/APA) di Manama, ibu kota Bahrain, 24-27 Maret 2017.

Pada sidang tersebut, Rofi’ menekankan komitmen Indonesia untuk mengedepankan konsumsi energi yang sejalan dengan SDGs dan ramah lingkungan (clean energy).

“Indonesia secara perlahan mengurangi subsidi bahan bakar fosil dan mendorong penggunaan energi alternatif,” ujar politisi PKS tersebut.

Lebih lanjut, anggota Komisi VII itu meminta negara-negara anggota APA menjalin kerjasama untuk mengembangkan energi ramah lingkungan (clean energy), dapat diperbarui dan terjangkau melalui inisiatif penelitian bersama dan transfer teknologi.

“Parlemen Asia perlu mendorong pengembangan energi matahari, air dan angin,” tegas dia.

Hal lain yang disoroti Delegasi DPR RI adalah terkait isu lingkungan. Politisi kelahiran Lamongan tersebut mengapresiasi negara-negara anggota APA yang berkomitmen dengan semua instrumen hukum internasional guna melindungi dan melestarikan lingkungan. Kendati demikian, Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR RI itu menggarisbawahi peran swasta (private sector) untuk berpartisipasi menjaga lingkungan.

“Kami menekankan semua pihak termasuk sektor swasta agar memiliki tanggung jawab untuk menjaga dan melestarikan lingkungan. Pihak swasta yang merusak dan mencemari lingkungan seharusnya dijerat secara hukum,” desak Rofi’.

Untuk diketahui, Sidang Komisi Ekonomi dan SDGs tersebut diikuti 22 parlemen dari Asia. Isu-isu lain yang dibahas adalah terkait air dan sanitasi, pertumbuhan ekonomi, pengentasan kemiskinan, dan peran parlemen untuk memastikan terwujudnya target-targetSDGs. Parlemen Asia juga memuji DPR RI yang memiliki Panja SDGs.(adv/jpnn)


Delegasi DPR RI dipimpin Rofi’ Munawar menghadiri Sidang Komisi Ekonomi dan SDGs Parlemen Asia (Asian Parliamentary Assembly/APA) di Manama,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News