Delegasi IMF-WB Study Langsung ke Desa Dangin Puri Kangin

Delegasi IMF-WB Study Langsung ke Desa Dangin Puri Kangin
Kunjungan Delegasi IMF-World Bank di Desa Dangin Puri Kangin, Selasa (16/10). Foto IST

jpnn.com, DENPASAR - Sinergitas pembangunan yang diterapkan pemkot Denpasar mendapat apresiasi dari kalangan internasional. Dengan menanamkan pola Sewaka Dharma dan Denpasar Smart City hingga tingkat desa/kelurahan menjadikan seluruh lapisan pemerintahan terkoneksi dengan maksimal. 

Seperti halnya di Desa Dangin Puri Kangin yang telah sukses mengembangkan Smart Village melalui aplikasi M-Desa, yang merupakan pengembangan dari E-Sewaka. 

Pada Selasa (16/10) kemarin, Desa Dangin Puri Kangin mendapat kunjungan study lapangan delegasi Annual Meeting IMF-World Bank untuk mengetahui lebih dalam tentang program smart village dan M-Desa yang mengantarkan Desa Dangin Puri Kangin menjadi desa terbaik di Indonesia.  

Dalam kunjungan tersebut terdapat sedikitnya 63 Delegasi yang berasal dari 20 negara di seluruh dunia. Kehadiran delegasi disambut Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra bersama Sekda Kota Denpasar, AAN Rai Iswara, serta seluruh jajaran OPD di Pemkot Denpasar. 

Beragam kesenian turut menyambut kedatangan para delegasi yang juga disuguhkan kuliner, kerajinan dan jajanan khas Bali. Di sela kesempatan tersebut tak jarang para delegasi turut mencoba busana adat Bali yang disediakan salah satu kelompok UKM local Salon Agung.

Dalam pemaparanya, Perbekel Desa Dangin Puri Kangin, IGN Putrawan menjelaskan program smart village yang diwujudkan melalui pengembangan E-Sewaka dalam balutan M-Desa menjadikan Desa Dangin Puri Kangin salah satu pilihan kunjungan delegasi IMF-World Bank yang dilaksanakan di Bali. 

Beragam inovasi yang berhasil diwujudkan ini tak lepas dari inovasi dan sinergitas antara masyarakat, pemerintah desa dan pemerintah Kota Denpasar. Di mana, dengan pengembangan program berbasis digitalisasi ini tentu dapat mewujudkan smart village dan digital village yang merupakan pengejawantahan dari program smart city Pemkot Denpasar.

“Kunjungan ini tentu menjadi kebanggan bagi kita semua khususnya masyarakat Desa Dangin Puri Kangin, besar harapan inovasi ini dapat menjadi referensi bagi seluruh pemerintahan di Indonesia dan Internasional bahwa Desa di Kota Denpasar taleh menerapkan teknologi dan digitalisasi dalam memberikan layanan kepada masyarakat,” paparnya.

Di Desa Dangin Puri Kangin yang telah sukses mengembangkan Smart Village melalui aplikasi M-Desa, yang merupakan pengembangan dari E-Sewaka.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News