Destinasi MICE Mulai Jadi Primadona

Destinasi MICE Mulai Jadi Primadona
Arief Yahya. Foto: JPNN

jpnn.com - jpnn.com - Para pelaku bisnis yang tergabung di Asosiasi Perusahaan Pameran Indonesia (ASPERAPI) memuji effort Kemenpar yang dipimpin Menpar Arief Yahya dalam menggenjot wisata meetings, incentives, conferencing, exhibitions (MICE) di Indonesia.

Menurut ASPERAPI, ini adalah langkah cerdas dan momentumnya sudah sangat tepat.

“MICE itu market-nya besar atau size-nya besar, spread atau spending-nya besar, dan sustainabilitas-nya juga besar. Kalau digenjot Kemenpar seperti sekarang, ini sangat bagus untuk menopang perekonomian,” terang Ketua Umum ASPERAPI, Effi Setiabudi, Sabtu (18/2).

Bagi pria yang sudah dua periode menjabat Ketua Umum ASPERAPI itu, sekarang adalah momentum sektor MICE untuk mengukir sejarah di pariwisata. Gambarannya sudah terlihat jelas sejak 2016.

Hampir seluruh primadona devisa negara terjun bebas. Minyak dan gas bumi, batu bara, serta minyak kelapa sawit, sedang meredup. Sementara industri pariwisata nasional justru melompat tinggi dan membawa efek domino yang menggerakkan beragam bidang ekonomi.

”Kian hari Kementerian Pariwisata makin serius menggenjot MICE. Dan kami sangat menghargai ini. Banyak pihak mulai melirik destinasi MICE di Indonesia. Punya alam yang indah, dan paket yang menarik dengan kombinasi aktivitas MICE dan tourism,”ujar Effi.

Dari pengalamannya menjalankan industry pameran selama 27 tahun, MICE memang terbukti ampuh menggerakkan roda ekonomi. MICE jadi makin terlihat seksi lantaran jumlah pesertanya banyak, partisipannya adalah decision marker, length of Stay-nya panjang, media coverage-nya luas dan spendingnya sangat tinggi.

“Dari MICE membawa berkah yang tidak sedikit. Hotel, restoran, venue, rental mobil, handycraft, destinasi wisata, yang kami sebut ring satu, semua kebagian rezeki. Kalau pameran lebih ngeri lagi. Selain ring satunya dapat, ring duanya juga kebagian,” terang Effi.

Para pelaku bisnis yang tergabung di Asosiasi Perusahaan Pameran Indonesia (ASPERAPI) memuji effort Kemenpar yang dipimpin Menpar Arief Yahya dalam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News