Di Balik Kesuksesan Vietnam Lolos 8 Besar Piala Asia 2019

Di Balik Kesuksesan Vietnam Lolos 8 Besar Piala Asia 2019
Vietnam lolos ke 8 Besar Piala Asia 2019 setelah menang adu penalti dari Yordania. Foto: AFP

jpnn.com - Vietnam menjadi satu-satunya tim asal Asia Tenggara yang lolos delapan besar Piala Asia 2019. Meski di perempat final sudah ditunggu Jepang, pencapaian tim berjuluk Naga Emas ini tetap luar biasa.

---

Jalan-jalan utama Hanoi penuh sesak oleh manusia pada Minggu (21/1) malam waktu setempat. Dilaporkan Nhan Dan sekitar seribu orang memerahkan jalanan di ibukota Vietnam itu dan bersuka cita atas kelolosan Vietnam ke perempat final Piala Asia 2019 hingga dini hari.

Vietnam melangkah ke delapan besar usai menang adu penalti dengan skor 4-2 atas Jordania di Stadion Al Maktoum Dubai. Di waktu normal yang kemudian dilanjutkan babak tambahan Que Hoc Hai dkk bermain seri 1-1.

“Kita menyaksikan perjuangan dan spirit yang luar biasa dari seluruh tim Vietnam. Tenpa lelah mereka berjuang di lapangan untuk negara ini,” puji Perdana Menteri Vietnam Nguyen Phuan Phuc seperti dikutip Nhan Dan.

ESPN menulis negara-negara Asia Tenggara seperti Malaysia, Singapura, Filipina, dan Indonesia seharusnya belajar atas kesuksesan Vietnam ini. Selain Thailand yang punya konsistensi berprestasi di kancah Asia, maka Vietnam menjadi negara kedua di Asia Tenggara ini yang prestasinya melejit belakangan ini.

Dalam dua tahun belakangan, pencapaian timnas Vietnam baik tim U-20, U-23, sampai senior, luar biasa. Pada Piala Dunia U-20 2017 di Korsel, Vietnam menjadi satu-satunya wakil Asia Tenggara di kompetisi itu.

Meski jadi juru kunci grup E di bawah Prancis, Selandia Baru, dan Honduras, Vietnam bisa mencuri satu poin dengan menahan seri Selandia Baru tanpa gol (22/5/2017).

Ribuah orang memerahkan jalanan di ibukota Vietnam, mereka bersuka cita atas kelolosan Vietnam ke perempat final Piala Asia 2019.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News