Di Depan 10 Ribu Ansor dan Banser, Gus Yaqut Gelorakan Slogan Kita Ini Sama

Di Depan 10 Ribu Ansor dan Banser, Gus Yaqut Gelorakan Slogan Kita Ini Sama
Ketua Umum PP GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, WONOSOBO - Ketua Umum Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, kemerdekaan yang diraih Indonesia adalah buah dari persatuan, perjuangan seluruh rakyat dari berbagai latar belakang agama, suku, dan etnis. 

Jika masyarakat terpecah belah dan berjuang sendiri-sendiri, Indonesia akan mudah dijajah. 

"Sebab itu, ketika kita bersatu, berjuang bersama-sama, kita merdeka. Benar apa yang telah diingatkan kiai kita, KH Wahab Hasbullah bahwa tidak ada senjata yang lebih tajam dan lebih sempurna lagi selain persatuan"," katanya di hadapan sekitar sepuluh ribu anggota Ansor dan Banser se-Jawa Tengah dalam acara Apel Kemerdekaan HUT ke-72 RI di Bukit Cinta Seroja, Kabupaten Wonosobo, Kamis (17/8).

Menurut Gus Yaqut, sapaan akrab nya, walaupun bangsa Indonesia berbeda-beda, tapi sejatinya adalah sama. 

Karena itu, dia menggelorakan slogan Kita Ini Sama.

"Ayo kita gelorakan bahwa kita ini sama, sama Indonesia-nya. Kita Ini sama bahasanya, Bahasa Indonesia. Lagu kebangsaan kita sama, lagu Indonesia Raya, bendera kita ini sama Merah Putih-nya. Karena, kita ini sama terlahir di tanah Indonesia, sama minum air Indonesia, sama menghirup udara Indonesia, dan kita Ini sama akan mati dan dikubur di bumi Indonesia," ujar Gus Yaqut.

Dia mengatakan, bangsa Indonesia perlu mensyukuri banyak kemajuan-kemajuan yang telah diraih.

Namun, sebagaimana diakui sendiri oleh Presiden Joko Widodo dalam pidatonya, Rabu (1678), keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia belum sepenuhnya bisa diwujudkan. 

Ketua Umum Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, kemerdekaan yang diraih Indonesia adalah buah dari persatuan, perjuangan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News