Di Hadapan Anak-Anak Muda Banyuwangi, Jokowi Buka Kisah Sedih Hidupnya

Di Hadapan Anak-Anak Muda Banyuwangi, Jokowi Buka Kisah Sedih Hidupnya
Joko Widodo dalam acara Ngobrol Inspiratif Bareng Jokowi di di Taman Blambangan. Foto: source for JPNN.com

jpnn.com, BANYUWANGI - Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo alias Jokowi menceritakan perjalanan dan perjuangan hidupnya di depan anak-anak muda Banyuwangi di Taman Blambangan, Senin (25/3).

Dalam acara Ngobrol Inspiratif Bareng Jokowi bertajuk Kisah Inspiratif Jokowi: Dari Bisnis Mebel sampai Memajukan Negeri tersebut, Jokowi membakar semangat anak-anak muda agar jangan gampang menyerah. 

(Baca Juga: Kiai Ma'ruf Amin di Mata Jokowi)

“Ada banyak kesempatan bagi siapa pun untuk maju, jangan mudah menyerah,” pesan Jokowi yang didampingi sang istri Iriana.

Hadir dalam acara itu Ketua Tim Kampanye Nasional Erick Thohir dan jajaran, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Ketua Dewan Pembina Relawan Pengusaha Muda Nasional (Repnas) Jatim Bahlil Lahadalia, Ketua Repnas Jatim Mufti Anam, dan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

Jokowi bercerita tentang masa kecilnya di perkampungan kumuh bantaran sungai di Solo. Jokowi berkali-kali pindah rumah bilik kontrakan karena sang ayah tak punya cukup uang untuk membayar. Bahkan, rumah kontrakannya pernah digusur.

“Sehingga saya harus menumpang di rumah saudara. Sedih rasanya. Namun, keluarga saya tidak mau menyerah. Bapak dan ibu saya terus berjuang. Saya terus disemangati sampai akhirnya masuk UGM,” kata Jokowi mengenang masa sulit dalam hidupnya.

Lulus kuliah 1985, Jokowi bekerja di BUMN PT Kertas Kraft Aceh. Jokowi ditempatkan di belantara hutan Aceh dan tinggal di rumah panggung agar dari ancaman binatang buas.

Setelah menikah, sang istri diboyong Jokowi ke Aceh. Mereka tinggal di barak di tengah hutan.

Hanya ada satu kamar berukuran kecil untuk Jokowi dan Iriana. Dapur, kamar mandi, dan ruang tamu digunakan bersama para pekerja lain.

Dua tahun mereka tinggal di hutan. Kesetiaan dan ketabahan Iriana membuat cinta Jokowi kepada sang istri kian kukuh. Pada tahun kedua tinggal di hutan, Iriana hamil.

Kesetiaan dan ketabahan Iriana membuat cinta Jokowi kepada sang istri kian kukuh. Tahun kedua tinggal di hutan, Iriana hamil.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News