Di Sini Prabowo – Sandi Menang Telak tapi PDIP Naik 200%, Kok Bisa?

Di Sini Prabowo – Sandi Menang Telak tapi PDIP Naik 200%, Kok Bisa?
Suasana saat PDIP menggelar kampanye akbar terbuka di Parkir Timur, Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu (31/3). Foto: Ist

jpnn.com, BANJARMASIN - PDI Perjuangan Kalimantan Selatan (Kalsel) optimistis panen suara pada Pemilu 2019. Kenaikan jumlah kursi diyakini bakal terjadi merata di DPR RI, DPRD Kalsel, maupun DPRD kabupaten/kota.

"Harus diakui, Pileg 2019 membawa peningkatan yang luar biasa bagi PDIP. Terutama untuk pemilihan DPR RI. Kenaikan suaranya bahkan mencapai 200 persen," ungkap Sekretaris Dewan Pengurus Daerah PDI Perjuangan Kalsel, Supiansyah kepada Radar Banjarmasin (Jawa Pos Group).

Meski bukan perhitungan resmi KPU, PDIP mengklaim telah memetakan hasil Pileg. Berdasarkan formulir C1 yang dikumpulkan saksinya di TPS-TPS. Hitung-hitungannya, satu kursi DPR RI dari Dapil Kalsel I. Ditambah dua kursi dari Dapil Kalsel II.

Namun, keoptimisannya berkurang ketika berbicara level provinsi. "Sementara untuk pemilihan DPRD Kalsel, memang tak banyak. Dibandingkan pemilu yang lalu, kemungkinan cuma bertambah satu kursi saja. Totalnya antara delapan sampai sembilan kursi," sebutnya.

BACA JUGA: Rizal Ramli Pengin Bawa Rombongan Pakar untuk Periksa Data KPU

Paling mencolok justru pada pemilihan DPRD di 11 kabupaten dan dua kota. Supiansyah kembali mengambil perbandingan dari hasil Pileg 2014 silam.

"Jika ditotalkan dari 13 kabupaten dan kota, tahun 2014 itu cuma 47 kursi. Sekarang PDIP bisa meraih 57 kursi. Dan masih mungkin sekali untuk bertambah," jelasnya.

Sekali lagi, itu baru klaim partai. Karena putusan resmi tetap di tangan KPU. Dan baru diumumkan pada Mei mendatang. Setelah data dari 13.153 TPS se-Kalsel rampung direkap.

PDIP mengklaim mendapatkan perolehan suara yang cukup besar para pemilu 2019 di wilayah Kalimantan Selatan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News