Di Swedia, Mobil Listrik Bisa Ngecas Sambil Melintas di Jalan Raya

Di Swedia, Mobil Listrik Bisa Ngecas Sambil Melintas di Jalan Raya
Ilustrasi jalan dengan permukaan yang bisa cas baterai mobil listrik. Foto: motor-vision.co.uk

jpnn.com - Pernah terpikir jalan raya memiliki kemampuan menghantarkan atau memasok daya listrik ke kendaraan yang melintas di atasnya? Jika belum, maka coba berkunjung ke Swedia.

Negara terbesar keempat di Eropa itu memang sedang mengembangkan infrastruktur pengisian daya kendaraan listrik tercanggih, dalam bentuk jalan raya khusus, lansir Digital Trends.

Sederhananya, salah satu kota di Swedia, Lund, memiliki jalan raya dengan rute khusus yang mampu memasok daya listrik ke baterai mobil listrik ketika melintas di atasnya.

BACA JUGA: Tonggak Baru Mercedes Benz di Persaingan Mobil Listrik

Jalan khusus yang permukaannya dipasangkan medan magnet itu dibangun sejauh 1 kilometer oleh pengembang Elonroad.

Klaimnya, sejauh 1 kilometer, mobil listrik yang melintasinya bisa mendapat pasokan daya listrik ke baterai hingga 80 persen. Inovasi ini tentu sangat membantu efisiensi pengisian.

Pemerintah Swedia sendiri sudah memulai proyek pembangunan jalan khusus tersebut tahun ini dan disiapkan untuk dipakai pada 2020. targetnya, Swedia akan membangun jalan khusus hingga 2.000 Km. (mg8/jpnn)


Pernah terpikir jalan raya memiliki kemampuan menghantarkan atau memasok daya listrik ke kendaraan yang melintas di atasnya? Jika belum, maka coba berkunjung ke Swedia.


Redaktur & Reporter : Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News