Dies Natalis ke-72, PMKRI Tegaskan Komitmen untuk Merawat Pancasila

Dies Natalis ke-72, PMKRI Tegaskan Komitmen untuk Merawat Pancasila
Ketua Presidium Pengurus Pusat PMKRI, Juventus Prima Yoris Kago pada saat pembukaan Seminar pada puncak Dies Natalis ke-72 PMKRI dengan tema “Tantangan Indonesia Pasca-Pemilu” di Surabaya, Sabtu (25/5). Foto: Dok. PMKRI

jpnn.com, SURABAYA - Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia kembali menegaskan komitmen kebangsaan untuk Indonesia dalam seminar puncak “Tantangan Indonesia Pasca-Pemilu” yang digelar di Surabaya, Sabtu (25/5).

Ketua Presidium Pengurus Pusat PMKRI, Juventus Prima Yoris Kago, mengatakan PMKRI tidak pernah goyah dalam meneguhkan persatuan Indonesia di tengah karut marutnya situasi politik yang ada.

BACA JUGA: Jokowi Diminta Ambil Langkah Besar Peningkatan Kualitas SDM

“Sudah 72 tahun kami mengabdi pada bangsa dan selama itu pula kami teguh berkomitmen untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, merawat Pancasila di tengah setiap gejolak politik yang terjadi,” tutur Juventus dalam sambutan pembuka Seminar Nasional.

Ia mengatakan komitmen kebangsaan ini justru terdengar kencang terutama ketika bangsa dan negara di serang oleh infiltrasi ideologi asing yang ingin mengganti Pancasila.

“Di tengah tumbuh suburnya fundamentalisme agama dan upaya menggantikan Pancasila dengan ideologi lain berbasis agama, PMKRI justru semakin relevan dengan kebutuhan Indonesia saat ini yakni komitmen kebangsaan untuk menjaga Pancasila dan keutuhan bangsa,” tegasnya.

Pada kesempatan itu, Juventus mengimbau agar para elite politik harus mengambil peran untuk merajut benang kebangsaan yang terkoyak akibat panasnya suhu politik pasca-pilpres.

“Elite jangan jadi demagog yang memprovokasi masyarakat, elite harus menjadi pengayom masyarakat. Kita ini kaum terdidik, pakailah itu untuk memberikan kontribusi bagi bangsa dan negara ini,” lanjutnya.

Juventus mengimbau agar para elite politik harus mengambil peran untuk merajut benang kebangsaan yang terkoyak akibat panasnya suhu politik pasca-pilpres.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News