Diet Vegetarian Ternyata Dua Kali Lebih Efektif Menurunkan Berat Badan

Diet Vegetarian Ternyata Dua Kali Lebih Efektif Menurunkan Berat Badan
Berbagai bahan vegetarian. ILUSTRASI. Foto: Laman Yahoo Health

jpnn.com, JAKARTA - Ketika hendak menurunkan berat badan, beberapa orang memilih diet ultra-pembatasan kalori. Sayangnya cara ini sering kali berakhir justru dengan kenaikan berat badan.

Namun, sebuah studi baru menemukan bahwa mengikuti diet vegetarian adalah dua kali lebih efektif dalam mengurangi berat badan.

Selain itu, pelaku diet yang menjadi vegetarian juga bisa meningkatkan metabolisme mereka dengan mengurangi lemak otot.

Diterbitkan di Journal of American College of Nutrition, studi ini meneliti efek diet vegetarian pada pasien diabetes tipe 2.

Para peneliti kemudian menganalisis 74 subjek dengan diabetes tipe 2 yang secara acak mengikuti diet vegetarian (kebanyakan buah-buahan, biji-bijian, sayuran dan kacang-kacangan) atau yang diet yang konvensional.

Setelah enam bulan, mereka yang mengikuti diet vegetarian kehilangan rata-rata berat badan 6,2 kg, dibandingkan dengan 3,2 kg untuk mereka yang mengikuti diet konvensional, yang berarti diet vegetarian hampir dua kali lebih efektif dalam menurunkan berat badan peserta.

Para peneliti juga melihat jaringan adiposa (penyimpanan lemak) di paha peserta untuk melihat bagaimana diet memengaruhi lemak pada permukaan dan otot bagian dalam.

Kedua diet tersebut memiliki pengurangan lemak subkutan yang serupa, namun lebih banyak lemak otot yang hilang dari makanan vegetarian.

Ketika hendak menurunkan berat badan, beberapa orang memilih diet ultra-pembatasan kalori. Sayangnya cara ini sering kali berakhir justru dengan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News