Dimeriahkan Konjen India, FDS 2017 Makin Mendunia

Dimeriahkan Konjen India, FDS 2017 Makin Mendunia
Festival Danau Sentani 2017. Foto: Kemenpar

jpnn.com, JAYAPURA - Semangat mendatangkan wisatawan mancanegara (Wisman) yang dikumandangkan oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya diperlihatkan di ajang Festival Danau Sentani (FDS) 2017.

Festival yang digelar untuk kesepuluh kalinya itu juga melibatkan perwakilan negara asing yakni wisatawan mancanegara dari India.

”Konsulat Jenderal India mengirimkan timnya ke sini dan mengisi salah satu acara kita, mereka sudah sangat terpukau dengan budaya dan seni kita. Ini hal yang sangat membahagiakan karena nantinya dia akan menceritakan hal ini ke negaranya, mereka diberikan ruang menikmati dan tampil di festival ini, mereka juga up date ke web digital mereka,”ujar Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Jayapura, Frits Tokoro, di sela-sela pembukaan FDS 2017 di Kalkhote, Sentani, Kabupaten Jayapura, Senin (19/6).

FDS 2017 secara resmi dibuka oleh Gubernur Papua Lukas Enembe dan juga dihadiri Asdep Pengembangan Segmen Pasar Bisnis dan Pemerintah Tazbir Abdullah yang juga didampingi Kepala Bidang Promosi Wisata Alam Asdep Pengembangan Segmen Pasar Personal Kemenpar Hendry Noviardi.

Kata Gubernur, festival yang akan berlangsung hingga Jumat (23/6) ini merupakan yang paling unik, atraktif dan orisinil.

Itu karena, berbagai atraksi seni dan budaya akan ditampilkan selama FDS ke-10 ini. Selain itu, juga diadakan pameran seni dan budaya, kuliner, promisi PON 2020 dan tour wisata yang mengangkat kehebatan destinasi yang ada di Sentani maupun Papua.

“Ada 75 tim yang akan akan menampilkan pagelaran budaya. Untuk pameran terdapat 68 stand dan ada 54 kelompok yang berpartisipasi dalam pasar produk ekonomi,” ungkap Gubernur yang juga diamini Tokoro.

Festival ini, imbuh Tokoro, juga diikuti beberapa daerah di Provinsi Papua dan Papua Barat seperti Kabupaten Keerom, Mamberamo Raya, Pegunungan Bintang, Yahukimo dan Teluk Bintuni.

Lebih lanjut Gubernur Lukas Enembe menambahkan, pelaksanaan FDS yang ke-10 tahun ini merupakan prestasi tersendiri bagi Kabupaten Jayapura yang secara konsisten setiap tahun menggelar festival ini.

"Harapan saya kedepan kalau FDS ini dikelola secara baik oleh pihak swasta, maka akan lebih bagus dengan membuat homestay di sekitar Danau Sentani. Ini tentunya memberikan dampak secara langsung kepada masyarakat, biar Wisman betah di sini dan mau menginap di sini," kata Gubernur Lukas Enembe.

Senada dengan itu, Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw juga berharap ke depan FDS bisa dikelola oleh pihak swasta. Untuk merealisasikan hal itu, Pemkab Jayapura akan membangun kerjasama lebih bagus lagi dengan pihak swasta maupun dengan negara-negara lainnya.

Semangat mendatangkan wisatawan mancanegara (Wisman) yang dikumandangkan oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya diperlihatkan di ajang Festival Danau

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News