Dimusuhi Tetangga, Qatar Berpaling ke Eropa

Dimusuhi Tetangga, Qatar Berpaling ke Eropa
Ilustrasi. Foto: Aljazeera

jpnn.com, QATAR - Embargo yang dilakukan koalisi negara Teluk pimpinan Arab Saudi tampaknya tak terlalu menyulitkan Qatar. Negara jazirah Arab itu tetap bisa memenuhi kebutuhan rakyatnya. 

Ketika warganya tak bisa mendapatkan susu segar, Qatar berpaling ke Jerman untuk memenuhi kebutuhan itu.

Bukan dengan cara impor susu, tapi langsung mendatangkan ribuan sapi dari negara yang dipimpin Kanselir Angela Merkel tersebut.

Dalam tahap pertama, maskapai Qatar Airways menerbangkan 165 sapi perah jenis holstein dari Berlin ke Doha. Sapi-sapi itu tiba pada Selasa (11/7).

’’Begitu semua sapi-sapi tersebut diterbangkan, maka 30 persen kebutuhan susu di Qatar bakal terpenuhi,’’ ujar Chairman Power International Moutaz Al Khayyat saat diwawancarai Bloomberg bulan lalu.

Butuh sekitar 60 kali penerbangan untuk membawa seluruh sapi yang dipesan Power International ke lahan perternakan yang baru saja mereka bangun.

Dulu suplai susu dan produk turunannya bisa diimpor dengan mudah dari Arab Saudi. Begitu juga dengan berbagai kebutuhan harian lainnya.

Namun, sejak lima pekan lalu, Qatar diblokade dari darat, laut, dan udara oleh Saudi, Bahrain, Uni Emirat Arab (UEA), Mesir, dan beberapa negara lainnya.

Embargo yang dilakukan koalisi negara Teluk pimpinan Arab Saudi tampaknya tak terlalu menyulitkan Qatar. Negara jazirah Arab itu tetap bisa

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News