Diprediksi Bakal Ada PHK Besar-besaran di Sektor Teknologi

Diprediksi Bakal Ada PHK Besar-besaran di Sektor Teknologi
Bursa kerja. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Fakta bahwa sektor teknologi dalam 10 tahun terakhir menjadi primadona di industri. Bermunculannya perusahaan-perusahaan raksasa teknologi berbasis internet semacam Google, Facebook, Youtube, (sebelumnya) Yahoo, menambah kegairahan para professional untuk bekerja di perusahaan-perusahaan yang tengah mendaki.

Tentu saja raksasa-raksasa teknologi ‘tradisional’ semacam Microsoft, IBM, Oracle, Apple dan lainnya, tak pernah sepi peminat.

Boleh dibilang, sektor teknologi tetap bertahan dan bahkan terus menjadi primadona para job seeker dari semua kalangan dan generasi: fresh graduate maupun mereka yang berpengalaman.

Di tengah gelombang antusiasme ini, analis dari Global Equities Research, Trip Chowdhry akhir tahun lalu justru memprediksi bahwa di Tahun 2017, sektor teknologi akan mengalami signifikan reset.

“Salah satunya akan ada pemutusan hubungan kerja besar-besaran di sektor teknologi,” ujar Chowdry.

Chowdhry memperkirakan akan ada sebanyak 369 ribu pekerja di sektor teknologi yang mengalami pemutusan hubungan kerja dalam tahun ini.

“IBM, Cisco Systems, Oracle, Microsoft, Yahoo, dan Yelp juga yang lainnya akan melakukan pengurangan karyawan,” lanjut Chowdry.

Penguranan karyawan ini menurut Chowdry justru terjadi karena perubahan teknologi itu sendiri.

Fakta bahwa sektor teknologi dalam 10 tahun terakhir menjadi primadona di industri. Bermunculannya perusahaan-perusahaan raksasa teknologi berbasis

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News