Direktur Poldagri Dorong Perempuan Perkuat Peran di Panggung Politik

Direktur Poldagri Dorong Perempuan Perkuat Peran di Panggung Politik
Direktur Politik Dalam Negeri Dr. Drs. Bahtiar, M.Si berbicara di acara Pendidikan Politik Bagi Perempuan di Kota Padang, Sumbar, Kamis (3/8). Foto: Istimewa for JPNN.com

jpnn.com, PADANG - Direktur Politik Dalam Negeri Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri Dr. Drs. Bahtiar, M.Si, mengatakan, pendidkan politk memiliki peran penting sebagai bagian dalam memperkuat konsolidasi demokrasi Indonesia.

Khusus bagi perempuan, lanjut Bahtiar, pendidikan politik menjadi agenda penting untuk mendukung eksistensi perempuan dalam geliat politik di Indonesia.

“Termasuk dalam menempatkan posisi perempuan dalam proses pencalonan legislatif yang setara dengan kaum laki- laki sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Pemilu yaitu 30 persen keterwakilan perempuan dalam pencalonan legislatif,” ujar Bahtiar saat menjadi pembicara utama acara “Pendidikan Politik Bagi Perempuan dalam Memperkuat Peran Perempuan dalam Menyongsong Agenda Demokrasi Pemilu Serentak Tahun 2019” di Kota Padang, Sumbar, Kamis (3/8).

Acara yang digelar di Hotel Basko Premier Padang ini dihadiri sekitar 100 peserta yang terdiri dari perwakilan pengurus partai politik, organisasi kemasyarakatan perempuan, dan ormas keagamaan yang ada di Kota Padang.

Dipaparkan, Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri melakukan kerjasama dengan Kaukus Perempuan Politik Indonesia (KPPI) sebagai mitra dalam memperkuat peran perempuan dalam politik, karena KPPI adalah lembaga yang terdiri dari perwakilan perempuan lintas partai politik.

Dikatakan Bahtiar, acara digelar karena Undang-Undang No. 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintah Daerah memandatkan kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk melakukan pendidikan politik.

Bahtiar mengatakan, keterwakilan perempuan dalam pencalonan Gubernur, Bupati dan Walikota selama ini masih sangat sedikit alias minim.

“Hal ini harus menjadi acuan kita dalam meningkatkan eksistensi perempuan dalam pencalonan kepala daerah dalam pilkada serentak tahun 2018,” imbuh birokrat asal Sulsel itu.

Direktur Politik Dalam Negeri Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri Dr. Drs. Bahtiar, M.Si, mengatakan, pendidkan politk memiliki peran

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News