Diserbu Sekjen MK se-Asia, Solo Makin Berjaya

Diserbu Sekjen MK se-Asia, Solo Makin Berjaya
Menpar Arief Yahya. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, SOLO - Simposium Internasional Asosiasi Mahkamah Konstitusi dan Institusi Sejenis se-Asia (AACC) yang digelar 9-10 Agustus 2017 membuat Solo semringah.

Nama Solo langsung menjadi bahan pembicaraan 120 hakim konstitusi dari 15 negara di Asia.

Industri meeting, incentive, convention and exhibition (MICE) Solo ikut berdetak kencang.

Yang lebih penting lagi, media-media nasional dan internasional ikut mengarahkan pandangannya bersama Sekjen Mahkamah Konstitusi se-Asia ke kota kelahiran Presiden Joko Widodo.

“Imbas pertemuan Sekjen MK se-Asia di Solo itu luar biasa. Karenanya Kemenpar all out mendukung event internasional ini,” tutur Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenpar Esthy Reko Astuti, Kamis (10/8).

Impact besar itu memang sangat masuk akal. Pertama, yang hadir di Solo adalah Sekjen MK se-Asia. Seluruhnya opinion leader. 

Nama Solo langsung naik lantaran ratusan hakim konstitusi se-Asia memutuskan meeting di kota yang mempunyai tagline The Spirit of Java itu.

Yang kedua, impact ekonominya tidak sedikit. Dari data International congress and convention association ( ICCA) tingkat pengeluaran di destinasi tuan rumah kegiatan MICE tujuh kali lipat dari wisatawan biasa.

Simposium Internasional Asosiasi Mahkamah Konstitusi dan Institusi Sejenis se-Asia (AACC) yang digelar 9-10 Agustus 2017 membuat Solo semringah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News