Disporseni Jadi Ajang Pertemuan Mahasiswa UT Se-Indonesia

Disporseni Jadi Ajang Pertemuan Mahasiswa UT Se-Indonesia
Pembukaan Disporseni UT ditandai dengan tabuh gendang. Foto: mesya/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Universitas Terbuka (UT) kembali menggelar diskusi ilmiah, pekan olahraga, dan seni (Disporseni) tahun ini di UT pusat.

Iven ini menjadi ajang pertemuan antarmahasiswa secara fisik, sekaligus unjuk gelar bakat dan minat yang dimiliki mahasiswa UT dl seluruh Indonesia.

UT merupakan perguruan tinggi negeri yang mengedepankan pendidikan terbuka dan jarak jauh (PTJJ) dengan menggunakan media online.

Pertemuan secara fisik antarmahasiswa UT menjadi jarang terjadi. Itu sebabnya menurut Rektor UT Prof Ojat Darojat, pihaknya menyelenggarakan kegiatan Disporseni setiap tahun bergantian antara wilayah barat, tengah, dan timur di lokasi yang berbeda-beda.

"Setelah di Mataram, tahun ini dilaksanakan di UT pusat. Keunikan kegiatan kali ini dibanding tahun sebelumnya adalah penggabungan Disporseni UT dengan peserta yang berasal dari para mahasiswa seluruh UPBJJ (unit program belajar jarak jauh). Saat ini kami punya 39 UPBJJ," beber Prof Ojat saat pembukaan Disporseni UT, Rabu (26/9).

Adapun tema yang diusung Disporseni Nasional UT adalah Mempererat Persaudaran untuk Sukses Bersama. Iven ini berlangsung hingga 29 September.

Ada tujuh cabang perlombaan dan pertandingan yaitu kategori diskusi ilmiah dengan lomba debat dan inovasi teknologi informasi. Kategori olah raga melilputi bulu tangkis, tenis meja, catur. Juga kategori seni yaitu lomba tari, menyanyi.

Prof Ojat mengungkapkan tujuan kegiatan Disporseni adalah melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, khususnya dalam bidang pengembangan bakat, minat, dan kreativitas mahasiswa UT. Kemudian, mengembangkan dan membina komunikasi antarmahasiswa UT sehingga bisa menimbulkan kedekatan, kesetiaan, dan kebanggaan terhadap almamaternya.

Universitas Terbuka (UT) kembali menggelar diskusi ilmiah, pekan olahraga, dan seni (Disporseni) tahun ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News