Ditemui Dubes Chile, Amran Tawarkan Berinsvetasi Biar Lapangan Kerja Terbuka

Ditemui Dubes Chile, Amran Tawarkan Berinsvetasi Biar Lapangan Kerja Terbuka
Menteri pertanian Amran Sulaiman berdialog dengan petani diarea persawahan kecamatan Dlanggu Kabupaten Mojokerto, Jumat (4/3). Dalam kunjunganya, Menteri Pertanian memberi suport para petani agar meningkatkan produksi pangan demi ketahanan pangan nasional. Foto: Sofan/Radar Mojokerto/JPNN.com Ilustrasi : Sofan/Radar Mojokerto

jpnn.com, JAKARTA - Duta Besar Chile untuk Indonesia Gonzalo Mendoza mengunjungi Menteri Pertanian Amran Sulaiman di Kantornya, Ragunan, Jakarta Selatan, Rabu (14/6).

Dalam pertemuan itu, Amran mengaku kedua belah pihak tengah menjajaki kerja sama kedua negara.

"Chile ingin anggurnya masuk ke Indonesia, ini akan coba ditindaklanjuti. Kemudian mereka juga katakan punya daging (sapi,red), nanti ada stempel halalnya," ujar Amran kepada wartawan.

Terhadap permintaan tersebut, Amran menyampaikan impor daging sapi memungkinkan. Namun harganya harus bersaing dengan harga-harga yang ada.

"Dia belum sebutkan mau menyiapkan berapa banyak. Jadi (peluang impor,red) dengan Chile dibuka, Brasil juga, sehingga sekarang sudah tenang. Harga daging sapi (beku,red) jangan di atas Rp 80 ribu," ucapnya.

Menurut Amran, keran impor hanya dibuka jika kebutuhan dalam negeri tidak mencukupi dari hasil peternakan di dalam negeri.

"Pemerintah harus melindungi petani dan peternak. Enggak boleh dilepas mereka jalan sendiri. Sesudah itu baru melihat konsumen (kebutuhan,red)," kata Amran.

Selain itu, Amran juga menawarkan Chile berinvestasi di Indonesia. Langkah ini dilakukan karena akan menguntungkan dua belah pihak.

Di satu sisi pasar di Indonesia sangat potensial. Sementara di sisi lain, investasi diyakini akan membuka lapangan pekerjaan di dalam negeri.

Duta Besar Chile untuk Indonesia Gonzalo Mendoza mengunjungi Menteri Pertanian Amran Sulaiman di Kantornya, Ragunan, Jakarta Selatan, Rabu (14/6).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News