Ditjen Laut Sediakan Kapal Tol Laut dan Perintis Jangkau Wilayah 3TP

Ditjen Laut Sediakan Kapal Tol Laut dan Perintis Jangkau Wilayah 3TP
Kapal-kapal tol laut dan perintis yang disiapkan oleh Ditjen Perhubungan Laut. Foto dok humas

jpnn.com, JAKARTA - Ditjen Perhubungan Laut menyediakan kapal-kapal tol laut dan juga kapal perintis untuk konektivitas dan merangkai nusantara dengan menjangkau wilayah 3TP (Terpencil, Terdepan, Tertinggal dan Perbatasan).

Salah satu wilayah terdepan di Indonesia yang dijangkau oleh kapal perintis yaitu wilayah Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara.

Di Wilayah Kabupaten Kepulauan Talaud terdiri dari 4 pulau berpenghuni (P. Karatung, P. Marampit, P. Kakorotan, dan P. Miangas) dan 4 pulau tak berpenghuni (P. Intata, P. Mangupun, P. Garat dan P. Malo). Adapun Pulau Karatung memiliki ibukota kecamatan Nanusa.

"Pemerintah menyediakan kapal perintis yang melayani masyarakat di Kepulauan Talaud khususnya masyarakat Nanusa di Pulau Karutung," ujar Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut, Capt. Wisnu Handoko, Sabtu (30/3).

Capt. Wisnu menjelaskan ada empat trayek kapal perintis yang melayani Kepulauan Talaud khususnya Pulau Karutung yaitu R-31, R-32, R-33 dan R-34.

"Untuk angkutan barang tol laut, di tahun ini telah disiapkan trayek utama H-1 dan T-5 untuk menjangkau kepulauan Talaud," jelas Capt. Wisnu.

Jaringan Trayek Kapal Tol Laut H-1 terdiri dari Tanjung Perak - Makassar - Bitung - Tidore - Tanjung Perak yang dioperatori oleh PT. Pelni dengan kapal kontainer KM. Logistik Nusantara 2 berukuran GT. 5.000.

"Untuk Trayek T-5 dilayani kapal KM. Kendhaga Nusantara 1 yang dioperatori oleh PT. Pelni dengan rute Bitung - Tagulandang - Tahuna - Melangoane - Miangas - Marore - Bitung," jelas Capt. Wisnu.(chi/jpnn)


Salah satu wilayah terdepan di Indonesia yang dijangkau oleh kapal perintis yaitu wilayah Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News