Minggu, 28 Mei 2017 – 15:25 WIB

Ditjen PAS Gandeng Nusantara Mengaji untuk Khataman Serentak di Lapas

Jumat, 21 April 2017 – 09:56 WIB
Ditjen PAS Gandeng Nusantara Mengaji untuk Khataman Serentak di Lapas - JPNN.COM

Salah satu narapidana di Rutan Kelas I Cipinang saat mengikuti khataman Alquran serentak hasil kerja sama Nusantara Mengaji dan Direktorat Jenderal PAS Kementerian Hukum dan HAM. Foto-foto: Humas Kemenkumham

SHARES

jpnn.com, JAKARTA - Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS) Kementerian Hukum dan HAM menggelar acara yang belum pernah dilakukan sebelumnya di dalam lembaga pemasyarakatan (lapas) ataupun rumah tahanan (rutan). Kegiatan itu adalah mengkhatamkan Alquran secara serentak di seluruh lapas dan rutan dibawah Kemenkumham, Kamis (20/4).

Untuk kegiatan itu, Ditjen PAS bekerja sama dengan Nusantara Mengaji yang diinisiasi Muhaimin Iskandar. Sekretaris Ditjen PAS Sri Puguh Utami mengatakan, kegiatan gerakan mengaji serentak para napi ataupun tahanan belum pernah diselenggarakan sebelumnya.

"Ini adalah terobosan baru. Tujuannya adalah untuk mengajak para napi menghayati kitab suci mereka, sehingga ketika kembali ke masyarakat, mereka memahami peran manusia sebagai pemimpin dan hamba Allah SWT yang mempunyai kewajiban menaati peraturan yang berlaku," katanya.

Selain itu, sambungnya, ada beberapa napi yang belum bisa membaca Alquran. Untuk itu, kegiatan membaca Alquran sangat penting untuk melatih mereka belajar melantunkan ayat-ayat suci umat Islam itu.

Khataman serentak di lapas dan rutan itu berlangsung selama dua jam sejak pukul 10.00. Kegiatannya dipusatkan di Rutan Kelas I Cipinang dan dihadiri langsung oleh Menteri Hukum dan Ham Yasonna H Laoly serta Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi.

Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly dalam kegiatan khataman Alquran serentak di Rutan Kelas I Cipinang hasil kerja sama Nusantara Mengaji dan Direktorat Jenderal PAS Kementerian Hukum dan HAM. Foto: Humas Kemenkumham

TAGS   Kemenkumham_RI
loading...
loading...
Masukkan komentarmu disini