DKPP Pecat 6 Penyelenggara Pemilu, Tak Netral hingga Terjerat Pencabulan

DKPP Pecat 6 Penyelenggara Pemilu, Tak Netral hingga Terjerat Pencabulan
Kotak suara hasil pemilu serentak tahun 2019. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, SOLO - Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) telah memecat enam orang penyelenggara pemilu 2019 dipecat dari jabatannya. Kasusnya beragam, mulai tindak pencabulan hingga bertemu dengan salah satu calon anggota legislatif (caleg) tertentu.

Pemecatan itu diputuskan dalam sidang kode etik awal bulan lalu. Mereka yang dipecat dianggap sudah tidak mencerminkan pelaku penyelenggara pemilu.

 

“Salah satu contohnya adalah anggota KPU Jogjakarta yang terlibat kasus pencabulan. Lainnya ada yang bertemu caleg, ada juga karena kinerjanya yang buruk,” ujar Ketua DKPP Harjono, dilansir Jawa Pos Radar Solo.

BACA JUGA: Penghitungan Ulang, Kerja 28 Jam, Ketua KPPS Badannya tak Bergerak Lagi

DKPP juga mengeluarkan sanksi berupa pemberhentian sementara untuk tiga orang penyelenggara pemilu. Serta ada ketua KPU yang dicopot dari jabatannya.

"Ada juga tujuh orang teradu yang mendapatkan sanksi berupa peringatan karena terbukti melanggar kode etik. Dan, 19 orang mendapatkan rehabilitasi nama baik mereka,” papar Harjono.

BACA JUGA: 326 Petugas Pemilu 2019 Meninggal Dunia, Dua Bunuh Diri

Pemecatan diputuskan dalam sidang kode etik awal bulan lalu. Mereka yang dipecat dianggap sudah tidak mencerminkan pelaku penyelenggara pemilu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News