Dongkel dan Longset Inovasi Pemkot Makassar Bakal Menasional

Dongkel dan Longset Inovasi Pemkot Makassar Bakal Menasional
Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto saat mempresentasikan inovasi Dongkel dan Longset di hadapan dewan juri lomba Inovasi Pelayanan Publik 2017 di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) di Jakarta, Jumat (28/4). Foto: Humas Pemkot Makassar for JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mempresentasikan dua program unggulan hasil inovasi pemerintah daerah yang dipimpinnya dalam rangka lomba Inovasi Pelayanan Publik 2017.

Danny -panggilan akrabnya- turun langsung memaparkan dua inovasi Pemkot Makassar di hadapan dewan juri lomba Inovasi Pelayanan Publik di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) di Jakarta, Jumat (28/4).

Dua inovasi itu merupakan bagian dari Sistem Inovasi Informasi Pelayanan Publik (Sinovik). Yang pertama adalah Dongeng Keliling (Dongkel) yang dikembangkan Dinas Perpustakaan Kota Makassar. Sedangkan satu inovasi adalah Lorong Sehat (Longset) hasil terobosan Dinas Kesehatan Kota Makassar.

Kedua inovasi Pemkot Makasar itu sudah masuk dalam daftar Top 99 Inovasi Pelayanan Publik yang disusun KemenPAN-RB. Danny pun memaparkan keunggulan Dongkel dan Longset agar menembus daftar Top 40 Inovasi Pelayanan Publik.

Menurut Danny, Dongkel merupakan terobosan untuk mendongkrak minat baca warga Makassar khususnya kalangan pelajar. Untuk itu, Dinas Perpustakaan Kota Makassar menyediakan perpustakaan keliling.

“Sebelum adanya Dongkel, minat baca kepada para pelajar sangat minim. Sesudah di-Dongkel, alhamdulillah minat baca sangat meningkat jauh beberapa kali lipat,” ujar Danny dalam paparannya.

Menurutnya, Dongkel dirancang untuk membuat pelajar penasaran. Caranya, pendongeng tidak langsung menghabiskan cerita yang dibacakan di hadapan para pelajar.

“Cerita atau dongeng tersebut tidak dihabiskan, tapi dianjurkan kepada para pelajar untuk mencari cerita lanjutannya sehingga minat baca pun menjadi tinggi,” sambung Danny yang didampingi Kadis Perpustakaan Kota Makassar Andi Siswanta.

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mempresentasikan dua program unggulan hasil inovasi pemerintah daerah yang dipimpinnya dalam rangka lomba

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News