Donor Darah Yuk, Stok Darah Menipis Nih

Donor Darah Yuk, Stok Darah Menipis Nih
Ilustrasi. FOTO : Jawa Pos

jpnn.com, SIDOARJO - Permintaan darah yang meningkat membuat stok darah di Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia (UTD PMI) Sidoarjo tak lagi aman. Hingga kemarin, pihak PMI mengimbau masyarakat untuk melakukan donor darah. 

Imbauan itu pun tak bertepuk sebelah tangan. Banyak warga yang sukarela melakukan donor darah. Bahkan, tiap hari jumlah kantor darah yang terkumpul juga banyak. Yakni, rata-rata 100 kantong per hari. Tetapi, jumlah tersebut masih lebih rendah daripada permintaan. "Tiap hari permintaannya 100-150 kantong darah," kata Manajer Kualitas UTD PMI Sidoarjo Moch. Asyik Yusak kemarin. Darah yang paling banyak diminta adalah jenis packed red cells (PRC). Saat ini stok darah jenis tersebut tinggal 304 kantong. 

Jumlah itu membuat pihak PMI ketar-ketir. Menurut Yusak, stoknya disebut aman bila lebih dari 600 kantong. Hal tersebut disebabkan banyak permintaan tiap hari. Apalagi, yang membutuhkan tidak hanya rumah sakit di Sidoarjo, tetapi juga wilayah sekitar Kota Delta. Antara lain, Mojokerto dan Pasuruan. 

Pada 28 Desember lalu, stok PRC masih aman. Kala itu jumlahnya mencapai 1.016 kantong. Tetapi, dalam kurun waktu tak sampai tiga minggu, jumlahnya tinggal 304 kantong. Untuk darah whole blood(WB), stok yang tersedia saat ini juga hanya 93 kantong. Itu lebih sedikit daripada akhir bulan lalu yang masih 148 kantong. 

"Permintaan trombosit (TC) sampai sekarang juga masih banyak," tuturnya. Setiap hari permintaan yang masuk 40-50 kantong. Sementara itu, stok untuk trombosit tinggal 68 kantong. Untuk fresh frozen plasma (FFP), tersedia 172 kantong. 

Yusak berharap banyak warga yang tergugah untuk mendonorkan darahnya. Baik yang sudah rutin atau belum pernah melakukan donor darah. "Warga bisa langsung datang ke kantor PMI atau ke bus di depan GOR," ungkapnya. Bahkan, pihak PMI siap jemput bola jika ada sekolah atau instansi yang ingin melakukan kegiatan donor darah bersama. Mereka bakal mendatangi pihak yang ingin melaksanakan kegiatan donor bersama. (may/c20/ai) 

Jumlah itu membuat pihak PMI ketar-ketir. Menurut Yusak, stoknya disebut aman bila lebih dari 600 kantong


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News