DPR Prioritaskan Ganti Anggota KPU

Disarankan Bentuk Dewan Kehormatan Dulu

DPR Prioritaskan Ganti Anggota KPU
DPR Prioritaskan Ganti Anggota KPU
JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) tampaknya semakin tak berkutik. Bak gayung bersambut, rekomendasi DPR periode 2004?2009 soal penggantian anggota KPU ditindaklanjuti langsung oleh DPR 2009?2014.

"Itu prioritas. Soalnya, tahap pilkada semakin dekat," tutur anggota DPR dari Fraksi PDIP Arif Wibowo saat dihubungi per telepon, Minggu (4/10). Rekomendasi itu disampaikan oleh Pansus Daftar Pemilih Tetap (DPT) DPR. FPDIP adalah fraksi yang mendukung rekomendasi penggantian KPU. Tak tanggung-tanggung, FPDIP merekomendasikan agar tujuh anggota KPU saat ini diganti.

M

enurut Arif, menjelang 2010, ada sekitar 246 pilkada yang akan dihadapi KPU. Nah, KPU saat ini memiliki preseden buruk kala melaksanakan Pemilu 2009. Masalah yang muncul akibat kealpaan KPU tidak hanya berasal dari DPT, tapi juga independensi KPU, seperti kasus spanduk, rekapitulasi suara, dan penetapan kursi yang molor. "Kami perlu jaminan dari KPU untuk melaksanakan pilkada dengan baik. Namun, fakta di lapangan lain," terangnya.

PDIP punya alasan kuat soal harus digantinya seluruh komisioner KPU. "Kerja KPU kan kolektif. Kesalahan pun ditanggung bersama," ujar mantan penghubung PDIP dengan KPU semasa pemilu tersebut. Selain itu, masih ada dugaan pelanggaran kode etik. Yakni, KPU tidak mampu melaksanakan pemilu secara transparan, adil, dan imparsial.

JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) tampaknya semakin tak berkutik. Bak gayung bersambut, rekomendasi DPR periode 2004?2009 soal penggantian anggota

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News