DPR Titip Pesan buat Bu Susi soal Pengelolaan Pulau

DPR Titip Pesan buat Bu Susi soal Pengelolaan Pulau
Susi Pudjiastuti. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com -Wakil Ketua Komisi IV DPR, Herman Khaeron mengapresiasi rencana Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti membuka celah investasi di pulau-pulau yang memiliki potensi.

Namun, politikus Partai Demokrat itu memberikan catatan, negara harus mendapat keuntungan yang sepadan dari investasi tersebut.

"Kalau dikelola untuk kemakmuran rakyat, dan negara mendapatkan keuntungan, tidak masalah. Tapi ada batasan-batasan," kata Herman di kompleks Parlemen Jakarta, Jumat (20/1).

Dalam memberikan izin pengelolaan tersebut, pemerintah harus membuat aturan yang jelas. Kemudian, waktu pengelolaan jangan terlalu lama.

"Jangan pengelolaan swasta misalkan 100 tahun, 80 tahun. Itu kan menjadi tidak rasional," ujar politikus asal Cirebon ini.

Selain itu, pulau-pulau yang ada merupakan properti negara. Karenanya, jangan sampai dibukanya celah investasi memberi ruang kepemilikan oleh swasta maupun investor asing.

"Jangan ada kepemilikan satu pulau atau perairan pun oleh pihak lain, baik individu maupun korporasi. Itu harus dimiliki oleh negara. Kalau pun dikelola, tentu negara punya otoritas untuk memberikan batasan-batasan terhadap pengelolaan itu," pungkasnya. (fat/jpnn)


Wakil Ketua Komisi IV DPR, Herman Khaeron mengapresiasi rencana Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti membuka celah investasi di


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News