Dubes AS Terkesima dengan Hasil Tangkapan Ikan Tuna

Dubes AS Terkesima dengan Hasil Tangkapan Ikan Tuna
Duta Besar (Dubes) Amerika Serikat Robert O. Blake dan Konsultan Jenderal (Konjen) Amerika di Surabaya, Heater Variava berserta 13 staf melakukan kunjungan kerja di Maluku Utara (Malut), Sabtu (16/1). FOTO: Malut Post/JPNN.com

jpnn.com - TERNATE – Duta Besar (Dubes) Amerika Serikat untuk Indonesia, Robert O. Blake terkesima dengan hasil tangkapan ikan tuna oleh nelayan lokal di Maluku Utara.

“Robert juga mengapresiasi cara tangkap ikan oleh nelayan lokal yang menggunakan pola ramah lingkungan dan tidak mengancam pelestarian dan biota laut lainnya. Selain itu, mereka juga melihat sistem pengelolaan ikan,” kata Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan (DPK) Pemprov Malut, Buyung Radjiloen, Sabtu (16/1) di Ternate seperti dilansir Harian Malut Post (Grup JPNN.com).

Untuk diketahui, Dubes AS Robert O. Blake dan Konsultan Jenderal (Konjen) Amerika Serikat di Surabaya, Heater Variava berserta 13 staf melakukan kunjungan kerja di Maluku Utara (Malut), Sabtu (16/1) kemarin.

Mereka tiba di Bandara Babullah Ternate dengan menggunakan pesawat pribadi Dubes sekitar pukul 15.30 WIT kemarin itu dikawal ketat aparat keamanan dari Kepolisian Polda Malut. Selain dari Shabara Polda Malut dan Patmor, tim penjinak bom dan anti teror juga diturunkan. Satu mobil gegana turut mengawal rombongan selama perjalanan kunjungan.

Setelah di Bandara rombongan langsung menuju Bella Internasional Hotel kemudian ke pelabuhan Perikanan Bastiong, Kecamatan Ternate Selatan Kota Ternate. Mereka melihat langsung produksi dan pengelolaan perikanan.

“Jadi mereka melakukan kunjungan dalam rangka melihat produksi ikan dan pengelolaan,” kata Buyung Radjiloen.

Menurut Buyung, sistem pengelolaan ikan di perikanan Bastiong menggunakan pola higines paska penangkapan. “Ini sesuai dengan standar ekspor ke Eropa, salah satunya Amerika,” katanya.

Buyung juga mengatakan kedatangan Dubes Amerika dan Konjen bertujuan untuk mendukung sektor kelautan dan perikanan melalui United State Agency Internasional Development (USAID) secara berkelanjutan dan pelestarian keanekaragaman hayati laut dan kawasan yang perting secara ekologis.

TERNATE – Duta Besar (Dubes) Amerika Serikat untuk Indonesia, Robert O. Blake terkesima dengan hasil tangkapan ikan tuna oleh nelayan lokal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News