Dugaan Kiai Ma'ruf soal Elektabilitas Pascareuni 212 Tepat

Dugaan Kiai Ma'ruf soal Elektabilitas Pascareuni 212 Tepat
CIUM TANGAN: Seorang santri mencium tangan KH Ma'ruf Amin saat mengunjungi Pondok Pesantren Al Masthuriyah, Sukabumi, Jawa Barat, Rabu (19/12). Foto: TKN Jokowi - Ma'ruf

jpnn.com, SUKABUMI - Calon Wakil Presiden (Cawapres) KH Ma'ruf Amin mengaku sudah memperkirakan bahwa Reuni Akbar 212 tak akan berpengaruh secara elektoral di Pemilu 2019. Pendamping Joko Widodo (Jokowi) di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 itu menyampaikan hal tersebut guna merespons temuan Lembaga Survei Indonesia (LSI) Denny JA yang menunjukkan elektabilitas kubu petahana malah meningkat pascaaksi Reuni Akbar 212.

Ma’ruf meyakini sejak semula Reuni Akbar 212 tak akan berpengaruh pada elektabilitasnya. Hanya saja, mantan rais aam syuriah Nahdatul Ulama (NU) itu memang tak mau mendahului hasil survei.

“Ketika hasil survei mengatakan 212 tidak berpengaruh, berarti dugaan kami tepat. Bahwa memang 212 tidak berkaitan dengan soal elektabilitas,” ujar dia usai bersilaturahmi di Pondok Pesantren Al Masthuriyah, Sukabumi, Jawa Barat, Rabu (19/12).

Ma'ruf menegaskan, Reuni 212 memang tak ada kaitannya dengan elektabilitas pasangan calon presiden dan cawapres. Buktinya, kata ulama yang akrab disapa dengan panggilan Abah itu, saat ini duet Jokowi - Ma’ruf terus memperoleh dukungan dari berbagai kalangan.

Ketua umum nonaktif Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu juga baru saja menerima deklarasi dukungan dari masyarakat Sukabumi Raya. Mayoritas nama dalam daftar penandatangan deklarasi itu adalah kiai dan ulama.

“Di luar dugaan saya bahwa dukungan begitu besar, antusias dan mereka membuat deklarasi siap memenangkan (Jokowi - Ma’ruf). Ulama-ulama sepuh semua datang, sampai jaraknya 50 kilometer dari Sukabumi paling ujung selatan mereka hadir," kata dia.

Sebelumnya LSI merilis hasil survei terbarunya bertitel Pertarungan Jokowi Vs Prabowo Setelah Reuni 212. Berdasar temuan LSI, ternyata Reuni 212 tidak berpengaruh signifikan karena elektabilitas Jokowi - Ma’ruf masih di kisaran 54,2 persen, sedangkan Prabowo Subianto yang berpasangan dengan Sandiaga Uno hanya memiliki tingkat keterpilihan 30,6 persen.

Survei LSI justru memperlihatkan elektabilitas Jokowi - Ma’ruf naik setelah Reuni 212. Sebab, elektabilitas Jokowi - Ma’ruf pada survei November lalu masih di angka 53,2 persen.

Cawapres KH Ma'ruf Amin mengaku sudah memperkirakan bahwa Reuni Akbar 212 tak akan berpengaruh secara elektoral di Pemilu 2019.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News