Duh! Bogor Masuk Lima Besar Dunia Kota Tidak Ramah Pengendara Versi Waze

Duh! Bogor Masuk Lima Besar Dunia Kota Tidak Ramah Pengendara Versi Waze
Lalu lintas Kota Bogor. Foto: radar bogor

jpnn.com - BOGOR – Diam-diam, Kota Bogor menorehkan “prestasi” anyar tingkat internasional. Ya, aplikasi lalu lintas Waze mendaulat Bogor sebagai satu dari lima daerah perkotaan dengan tingkat kepuasan pengendara terburuk di dunia. Dengan kata lain, Bogor dinilai sangat tidak bersahabat kepada pengendara kendaraan bermotor.

Berdasarkan index yang dirilis pihak Waze, Rabu (14/9) lalu, Bogor berada di urutan kedua dengan poin 2,15. Di peringkat teratas ada Kota Cebu, Filipina dengan poin 1,15. Sedangkan di urutan ketiga dengan poin 2,85 ada kota San Salvador, El Salvador. 

Lantas, bagaimana dengan peringkat keempat dan kelima? Posisi tersebut ditempati oleh Denpasar, Bali dengan poin 2,89 di urutan keempat dan Bandung dengan poin 3,00 di peringkat kelima. Masuknya tiga kota besar ini menempatkan Indonesia di posisi kelima negara dengan tingkat kepuasan pengendara terendah di dunia versi Waze. 

Dalam rilis Waze disebutkan bahwa salah satu penyebab buruknya lalu lintas di daerah tersebut adalah gagalnya pemerintah setempat dalam pengelolaan lalu lintas. Namun, sedianya ini hal lumrah sebab Bogor memang terkenal dengan kemacetannya, bahkan dijuluki “Kota Sejuta Angkot”.

Dilansir dari CNN Philipines, rentang penilaian tersebut dari from 10 (kepuasan) ke 1 (ketidakpuasan) yang dijumlah setelah menguji respons jutaan pengguna aktif aplikasi Waze dari 38 negara and 235 daerah perkotaan.

Dibeberkan pula ada enam indikator pada indeks kepuasaan pengemudi dunia berdasarkan Waze. Yakni, tingkat frekuensi kemacetan lalu lintas, kualitas infrastruktur jalan, keselamatan pengemudi (kecelakaan, jalan rawan kecelakaan dan cuaca), pelayanan pengemudi seperti akses mudah ke SPBU dan parkir, sosial ekonomi, dan “Wazeyness,” tingkat pertolongan dan kebahagiaan komunitas Waze.

Sementara itu, Waze menepatkan Belanda sebagai negara dengan tingkat kepuasan pengemudi tertinggi di dunia. Sedangkan kota Valence, Perancis sebagai daerah perkotaan dengan tingkat kepuasan pengemudi terbaik di dunia. (izo/pojokjabar/dil/jpnn)

BOGOR – Diam-diam, Kota Bogor menorehkan “prestasi” anyar tingkat internasional. Ya, aplikasi lalu lintas Waze mendaulat Bogor


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News