Duh, Sandi Tak Kompak dengan Anak Buah soal DP Nol Rupiah

Duh, Sandi Tak Kompak dengan Anak Buah soal DP Nol Rupiah
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno. Foto: Fathan Sinaga/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta sepertinya belum siap menjalankan program rumah down payment (DP) nol rupiah. Itu terlihat dari seringnya pejabat-pejabat terkait mengeluarkan pernyataan yang berlawanan soal program tersebut.

Terbaru, Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan bahwa pencicilan rumah bisa dimulai setelah terbentuknya badan layanan umum daerah (BLUD) khusus menangani program tersebut.

Dirinya ingin BLUD segera tuntas pada bulan April 2018 mendatang.

"Eksekusi DP nol sudah mulai jalan. Kita akan miliki bentuk karena akan ada BLUD. Kerja sama FLPP. April BLUD (terbentuk)," ujar Sandi saat ditemui di Balai Kota, Rabu (14/3).

Namun, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman DKI Jakarta Agustino Darmawan malah tak yakin BLUD dapat bekerja maksimal.

Sebab bangunan rumah pun belum rampung. "April juga BLUD belum bisa kerja maksimal, saya bilang bangunannya saja belum berdiri, bangunannya belum tegak. Apa yang mau dicicil? Apa yang mau di mohon? Mau dilakukan warga kan belum tau," jelas Agustino di lokasi yang sama.

Adapun empat fungsi utama dari BLUD terhadap program unggulan Pemprov DKI Jakarta itu yakni mengelola dana pembiayaan DP nol rupiah baik uang muka maupun penerimaan dari cicilan yang nanti diserahkan ke bank.

Selain itu, mengendalikan pembelian dan penjualan rumah murah. Sehingga suply dan demand bisa dijaga.

Pemprov DKI Jakarta sepertinya belum siap menjalankan program rumah DP nol rupiah. Pejabat terkait sering kali memberi keterangan berbeda antara satu sama lain

Sumber Jawapos.com

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News