Dunia Perbankan Indonesia Masih Baik

Dunia Perbankan Indonesia Masih Baik
Dunia Perbankan Indonesia Masih Baik
JAKARTA - Perekonomian Indonesia dinilai sudah meninggalkan masa kelam. Banking Pressure Index (BPI) yang menjadi salah satu sistem peringatan dini (early warning system) untuk mendeteksi kemungkinan terjadinya krisis perbankan di suatu negara, menunjukkan bahwa perbankan Indonesia saat ini berada dalam kondisi sehat.

Kepada wartawan dalam bincang ekonomi di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu (15/12), ekonom dari Danareksa Research Institute, Purbaya yudhi Sadewa mengungkapkan, sistem perbankan Indonesia sedang berada dalam kondisi kondusif, seiring dengan perbaikan kondisi perekonomian, penurunan suku bunga dan penguatan nilai tukar rupiah. Hal ini pun tercermin dalam keadaan makro ekonomi Indonesia yang sehat.

"Keadaan ekonomi dunia yang terus membaik, membuat pasar kita amat menarik untuk investor. Kinerja saham kita termasuk yang terbaik di dunia, dan kenaikan yang terjadi di bursa bukan karena bubble, melainkan karrena kondisi fundamental perekonomian kita," ungkap Purbaya.

Turnover value atau nilai pergantian di pasar saham Indonesia, tutur Purbaya, juga mengalami peningkatan yang luar biasa. Di mana jika pada tahun 2005, turnover harian baru mencapai Rp 1,67 triliun, maka pada tahun 2010 sudah mencapai sekitar Rp 4,5 triliun. Ini katanya, menggambarkan bahwa pasar Indonesia semakin menjadi daya tarik bagi investor.

JAKARTA - Perekonomian Indonesia dinilai sudah meninggalkan masa kelam. Banking Pressure Index (BPI) yang menjadi salah satu sistem peringatan dini

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News