E-KTP Tak Capai Target

E-KTP Tak Capai Target
E-KTP Tak Capai Target
KENDARI - Program E-KTP yang dicanangkan pemerintah pusat, di kota Kendari tampaknya tidak maksimal seperti apa yang diharapkan. Belum semua wajib KTP melakukan enrollment (rekaman) di tempat yang disiapkan. Padahal  program itu sudah dimulai sejak Oktober 2011.

   

Kadis kependudukan dan Catatan Sipil Kota Kendari Muh. Rizal mengatakan, hingga akhir April 2012, yang melakukan enrollment E-KTP sebanyak 124.585 orang. Jika dibandingkan dengan pagu yang ditetapkan Depdagri untuk pengurusan E-KTP di Kota Kendari sebanyak 160 5ribu orang, maka capaiannya mencapai 75 persen. Namun jika dibandingkan dengan jumlah wajib KTP yang ada di kota Kendari sebanyak 218.257, capaiannya hanya berkisar 55 persen.

   

"Hal ini sebenarnya sangat kita sayangkan, apalagi sejak 1 Mei, semua enrollment dikenakan biaya. Itu tentu lebih meyulitkan masyarakat ketimbang mengurus lebih awal, tapi kenyataannya banyak yang masih ogah-ogahan melakukan rekaman E-KTP ini," ungkap Muh. Rizal.

   

Meski demikian, Pemkot  terus berupaya maksimal memberikan informasi dan sosilisasi pada masyarakat, agar secepatnya mengurus KTP elektronik itu. Apalagi, masa berlaku KTP lokal hanya sampi akhir Desember 2012 ini, memasuki tahun 2013 yang resmi berlaku adalah E-KTP, baik di instansi swasta maupun pemerintah.

   

KENDARI - Program E-KTP yang dicanangkan pemerintah pusat, di kota Kendari tampaknya tidak maksimal seperti apa yang diharapkan. Belum semua wajib

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News