Ebiet dan Glenn Fredly Raih Penghargaan Maestro Seni Tradisi

Ebiet dan Glenn Fredly Raih Penghargaan Maestro Seni Tradisi
Dirjen Kebudayaan Himar Farid (batik biru) menjelaskan para tokoh nasional yang mendapatkan penghargaan anugerah kebudayaan dan maestro seni. Foto: Mesya/ JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memberikan penghargaan Anugerah Kebudayaan dan Penghargaan Maestro Seni Tradisi (AKPM) pada 2018 kepada 51 seniman Indonesia.

Penyerahan anugerah itu diumumkan Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbud pada Selasa (25/9). Beberapa dari 51 seniman yang menerima penghargaan itu di antaranya Ebiet G Ade, Glenn Fredly, Jose Rizal Manua, Ida Bagus Njana, Sidi Saleh, Abah Engkus, dan lain-lain.

Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid mengungkapkan, ajang tahunan ini sudah dilaksanakan sejak 2012.

Untuk membangun arti penting sebuah apresiasi baik dalam bentuk anugerah kebudayaan maupun penghargaan kepada Maestro Seni Tradisi, pendokumentasian dan penerbitan profil penerima Anugerah Kebudayaan juga Maestro Seni Tradisi sangat penting. Ini menjadi penanda dalam memaknai momen penghargaan.

"Bahwa kami memiliki komitmen yang kuat untuk terus melestarikan dan mengembangkan kebudayaan bangsa Indonesia agar tetap mangakar dengan cara menghargai tokoh/insan Indonesia yang secara konsisten terus berkarya dan berkontribusi secara aktif dan intens," kata Hilmar dalam taklimat media di Kantor Kemendikbud, Selasa (25/9).

Demi menjaga komitmen ini, lanjutnya, Kemendikbud akan mengusulkan nama-nama untuk dicalonkan sebagai penerima Gelar Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan, untuk kelas Bintang, yaitu Bintang Budaya Parama Dharma, dan kelas Satyalancana Kebudayaan, yang diteruskan ke Sekretariat Negara untuk dinilai oleh Dewan Tanda Kehormatan.

Sedangkan pada sisi yang lain, dalam kapasitas instansi teknis yang menangani kebudayaan maka Kemendikbud memiliki program dan kegiatan Anugerah Kebudayaan serta Penghargaan Maestro Seni Tradisi.

"Melalui program apresiasi ini sebagai salah satu cara menginternalisasikan nilai budaya, diharapkan bisa membangun kesadaran masyarakat sekaligus meningkatkan motivasi generasi muda untuk lebih peduli terhadap pengembangan kebudayaan Indonesia," terangnya.

Kemendikbud memberikan penghargaan Anugerah Kebudayaan dan Penghargaan Maestro Seni Tradisi (AKPM) pada 2018 kepada 51 seniman Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News