Efektif Kelola Anggaran, Halsel Raih Dana Racka dari Presiden

Efektif Kelola Anggaran, Halsel Raih Dana Racka dari Presiden
Bupati Halsel Bahrain Kasuba (kanan) memegang anugerah Dana Rakca bersama Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba di Istana Negara, Rabu (7/12). Foto: Tri Mujoko Bayu Aji/Jawa Pos

jpnn.com - JAKARTA - Efektivitas kinerja Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) di Maluku Utara, di bawah kepemimpinan Bahrain Kasuba mendapat apresiasi dari pemerintah pusat. Bersama dengan enam provinsi dan 30 kota/kabupaten lainnya, Halsel hari ini (7/12) menerima anugerah Dana Rakca dari pemerintah pusat yang diserahkan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo.

Anugerah Dana Rakca merupakan penghargaan bagi provinsi atau kota/kabupaten yang berkinerja baik dalam pemanfaatan Dana Insentif Daerah. Bupati Halsel Bahrain Kasuba pun menyatakan syukurnya atas penghargaan itu.

Bupati dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu menyatakan, penghargaan tersebut dia persembahkan untuk seluruh masyarakat Halsel dan jajaran aparat pemerintahan Kabupaten Halsel. Tujuannya agar kinerja Pemkab Halsel terus meningkat.

"Anugerah ini tidak akan membuat jajaran Pemkab puas, karena masih banyak sektor pelayanan publik lain yang akan semakin kita perbaiki demi kemajuan msyarakat Halsel," ujarnya di Istana Negara sesaat sebelum acara penganugerahan dimulai.

Menurut Bahrain, keberhasilan Halsel menerima anugerah Dana Rakca  karena beberapa indikator. Antara lain pertumbuhan ekonomi yang baik, penurunan angka kemiskinan,  pelayanan publik yang baik, predikat wajar tanpa pengecualian (WTP) selama dua kali dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), serta ketepatan waktu dalam penetapan APBD. "Anugerah ini merupakan pemicu agar bisa bekerja lebih baik lagi," ujarnya.

Untuk prestasi ini, pemerintah pusat memberikan apresiasi tambahan. Halsel akan menerima tambahan insentif untuk tahun 2017 sebesar Rp 51 Milyar.

Bahrain berjanji dana tersebut digunakan untuk kemajuan pembangunan Halsel. "Supaya Halsel makin bisa berkompetisi dengan daerah-daerah lain di Indonesia," tandasnya.(bay/jpg)


JAKARTA - Efektivitas kinerja Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) di Maluku Utara, di bawah kepemimpinan Bahrain Kasuba mendapat apresiasi dari


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News