Ekspor Bawang Merah Bakal Sejahterakan Petani

Ekspor Bawang Merah Bakal Sejahterakan Petani
Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman di lokasi pelepasan ekspor bawang merah, Brebes, Jawa Tengah. Foto: Humas Kementan

jpnn.com, BREBES - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menjamin ekspor bawang merah ke sejumlah negara di Asia akan memberi manfaat luar biasa bagi petani.

Sebab, pengusaha yang melakukan ekspor diminta membeli bawang merah dari petani di atas harga rata-rata yang saat ini ditetapkan pemerintah yakni Rp 15 ribu per kilogram.

"Diekspor karena harga (pasaran) lagi anjlok karena stok melimpah. Pemerintah juga telah sepakat bawang yang dibeli Bulog dari petani tidak boleh kurang dari Rp 15 ribu per kilogram," ujar Amran saat melepas ekspor bawang merah ke Thailand di Brebes, Jawa Tengah, Jumat (18/8).

Menurut Amran, jaminan hasil panen dibeli dengan harga yang baik oleh Bulog membuat petani tak akan berhenti berproduksi.

Selain itu, pemerintah juga menyiapkan bibit bawang secara gratis.

"Pemerintah memberikan support, ada bibit gratis. Sekarang yang penting aku minta perusahaan jangan membeli murah. Harus di atas pasaran," ucapnya.

Amran meyakini langkah dan kerja sama semua pihak akan meningkatkan kesejahteraan petani.

"Petani pasti sejahtera karena produksi melimpah. Strateginya, harus kerja bersama. Karena tak ada orang hebat tanpa kebersamaan," pungkas Amran. (gir/jpnn)


Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menjamin ekspor bawang merah ke sejumlah negara di Asia akan memberi manfaat luar biasa bagi petani.


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News