Elektabilitas Caleg PSI Lampaui Tiga Petahana di Jabar III

Elektabilitas Caleg PSI Lampaui Tiga Petahana di Jabar III
Pemilu 2019. Ilustrasi: radartegal.com

jpnn.com, JAKARTA - Tiga caleg pendatang baru diperkirakan bakal mengalahkan petahana di daerah pemilihan (dapil) Jawa Barat III. Survei Y-Publica menunjukkan politisi PDIP Maruarar Sirait dan sekjen PAN Eddy Soeparno unggul dalam raihan elektabilitas.

Maruarar yang pindah dari dapil Jabar IX unggul sebesar 11,9 persen, sedang Eddy meraih 6,5 persen. Lalu caleg Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Daniel Tumiwa yang merupakan praktisi e-commerce menyusul dengan elektabilitas 5,1 persen.

Ketiga nama tersebut bersaing dengan caleg petahana seperti Eka Sastra dari Golkar (9,0 persen), Ahmad Riza Patria dari Gerindra (6,4 persen), dan Diah Pitaloka dari PDIP (5,6 persen).

“Caleg petahana lainnya sebagian berpeluang terpilih kembali, sedang sisanya masih harus berjuang mempertahankan kursi”, ungkap Direktur Eksekutif Y-Publica Rudi Hartono dalam siaran persnya di Jakarta, pada Jumat (8/3).

 

Elektabilitas Caleg PSI Lampaui Tiga Petahana di Jabar III

Di antaranya Sjarifuddin Hasan dari Demokrat (4,3 persen), Joko Purwanto dari PPP (3,5 persen), dan Ecky Awal Muharam dari PKS (2,4 persen).

Tiga lainnya terancam kehilangan kursi, yaitu Neng Eem Marhamah dari PKB (1,9 persen), Deding Ishak dari Golkar (1,5 persen), dan Djoni Roliandrawan dari Hanura (1,1 persen). Mereka harus berebut tempat dengan caleg pendatang baru seperti mantan bupati Cianjur Tjetjep Muchtar Saleh (2,4 persen) dan politisi senior Noviantika Nasution (1,8 persen).

Tiga caleg pendatang baru diperkirakan bakal mengalahkan petahana di daerah pemilihan (dapil) Jawa Barat III. Salah satunya dari PSI

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News