Empat Saran dari Kiai Ma'ruf agar Indonesia Tetap Rukun

Empat Saran dari Kiai Ma'ruf agar Indonesia Tetap Rukun
Calon Wakil Presiden nomor urut 01 KH Ma'ruf Amin memberikan pidato dalam acara Dialog Kerukunan Antarumat Beragama di Bengkulu, Rabu (20/3). Foto: TKN Jokowi - Ma'ruf

jpnn.com, BENGKULU - Calon Wakil Presiden (Cawapres) 01 KH Ma'ruf Amin memaparkan empat bingkai kerukunan yang harus dijaga oleh segenap masyarakat Indonesia. Menurut pendamping Joko Widodo (Jokowi) di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 itu, empat bingkai tersebut harus dijaga agar hubungan antarmasyarakat rukun dan maju.

"Pertama bingkai politis. Kita punya bingkai politis yang menyatukan seluruh bangsa termasuk kerukunan beragama. Kerukunan modal bernegara dan unsur utama itu kerukunan antarumat beragama," kata Kiai Ma'ruf dalam acara Dialog Antarumat Beragama bersama ulama di Bengkulu, Rabu (20/3).

Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) ini melanjutkan, jika antar-umat beragama tidak rukun, maka stabilitas keamanan negara akan terganggu. Karena itu, potensi konflik antar-umat beragama harus dicegah.

"Kita pernah mengalami di Ambon, di Poso, itu cukup menjadi pelajaran kita jangan terjadi di daerah lain. Maka itu, kita harus mencegah potensi ini jangan sampai muncul," tambah Kiai Ma'ruf.

Yang kedua adalah bingkai yuridis. Menurut Kiai Ma’ruf, harus ada upaya menangkal masuknya ideologi yang melahirkan kelompok intoleran dan bertentangan dengan Pancasila ataupun Undang-undang Dasar 1945.

"Soal khilafah enggak usah petenteng-petenteng, proporsional saja yang tidak menyalahi kesepakatan. Kalau orang menyalahi kesepakatan, bubar NKRI," tegas Kiai Ma'ruf.

Ketua umum nonaktif di Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu menambahkan, bingkai ketiga adalah kearifan lokal. Menurut dia, kearifan lokal tidak bisa diganggu karena menyentuh langsung pada budaya dan kepercayaan warga setempat.

"Kearifan lokal nilainya bisa kita konversi, perilaku individual perorangan atau perilaku kolektif sebagai bangsa dia akan melahirkan nilai positif," jelasnya.

KH Ma'ruf Amin memaparkan empat bingkai kerukunan yang harus dijaga oleh segenap masyarakat Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News