Facebook, Instagram dan WhatsApp Resmi Ikut Jegal Huawei

Facebook, Instagram dan WhatsApp Resmi Ikut Jegal Huawei
Ilustrasi ketiga aplikasi Facebook, WhatsApp dan Messenger. Foto : The Times

jpnn.com - Perusahaan teknologi Amerika Serikat semakin kencang memutus hubungan dengan Huawei, kendati sebelumnya Google justru berbalik ingin baikan.

Kali ini datang dari aplikasi sosial media terbesar seperti Facebook, Instagram dan aplikasi pesan singkat WhatsApp.

BACA JUGA: Facebook Janji Akan Benahi Massenger Lebih Ringan dan Cepat

Ketiganya secara resmi menyatakan tidak akan lagi mengizinkan pra-install aplikasi untuk perangkat baru Huawei. Artinya, perangkat yang sudah diniagakan sebelumnya masih bisa menggunakan dan pembaruan aplikasi, lansir Reuters.

Beberapa pengamat mengatakan, aksi blokir ketiga perusahaan tersebut sangat mungkin berpengaruh pada penjualan handphone Huawei, terutama di Eropa dan Asia. Pasalnya, produsen Hp sering menjadikan pra-install aplikasi populer sebagai nilai jual.

Tak bisa dipungkiri, penjualan produk Huawei sudah terkena dampak dari aksi penjegalan sejumlah perusahaan AS. Di Inggris, harga Huawei P30 dan P20 turun drastis akibat hal tersebut.

Kendati demikian, Huawei sendiri mengatakan siap menghadapi segala dampak dari aturan pemblokiran dari pemerintahan Donald Trump. Bahkan, pemerintah Cina sudah melakukan beberapa aksi balas dendam. (mg8/jpnn)


Kini giliran tiga perusahaan pembuat aplikasi sosial media asal AS seperti Facebook, Instagram dan WhatsApp ikut menjegal Huawei.


Redaktur & Reporter : Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News