Facebook Rutin Intai Pengguna Ponsel Android

Facebook Rutin Intai Pengguna Ponsel Android
facebook. Ilustrasi Foto: pixabay

jpnn.com - Selain mengumpulkan data dari para penggunanya (user), Facebook ternyata diketahui mengumpulkan data lebih luas dari itu, tepatnya pengguna ponsel berbasis Android.

Artinya selain pengguna, Facebook pun ikut melacak data mereka. Hal ini diketahui setelah keluar laporan dari Privacy International yang bermarkas di London, Inggris.

Privacy International telah melakukan analisis terhadap 34 aplikasi (dengan basisi pengguna 10-500 juta) pada perangkat Android. Hasilnya ditemukan, sekitar 23 aplikasi mengirim data pengguna mereka ke Facebook, lansir The Independent.

"Facebook secara rutin melacak penggunanya dan orang-orang di luar pengguna serta pengguna yang sedang mengeluarkan akunnya dari aplikasi," ungkap pihak Privacy International.

Lebih lanjut, Privacy International menjelaskan, pengembang aplikasi yang membagikan data ke facebook melalui facebook Software Development Kit (SDK), sebuah software yang membantu pengembang dalam membangun aplikasi untuk perangkat dengan sistem operasi tertentu.


Selain mengumpulkan data dari para penggunanya, Facebook ternyata diketahui mengumpulkan data lebih luas dari itu, tepatnya pengguna ponsel berbasis Android.


Redaktur & Reporter : Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News