Fadli Zon Harapkan Lawatan Raja Saudi Tak Cuma Seremoni

Fadli Zon Harapkan Lawatan Raja Saudi Tak Cuma Seremoni
Presiden Joko Widodo dan Wakil Ketua DPR Fadli Zon dalam sebuah pertemuan konsultasi pimpinan lembaga tinggi negara pada 2015. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - jpnn.com - Wakil Ketua DPR Fadli Zon menyatakan, kunjungan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud ke Indonesia pada 1-3 Maret merupakan peristiwa diplomatik yang penting bagi peningkatan hubungan politik, ekonomi, budaya dan keagamaan antara kedua negara.

Apalagi sudah 47 tahun tak ada Raja Arab Saudi yang berkunjung ke Indonesia setelah lawatan Raja Faisal bin Abdulaziz al-Saud pada 1970. Menurut Fadli, Indonesia bisa memanfaatkan kunjungan Raja Salman untuk mendongkrak investasi Arab Saudi.

"Kita tahu bahwa sejak 2016 Arab Saudi giat melakukan diversifikasi ekonomi untuk mengurangi ketergantungannya terhadap sektor migas. Salah satunya yakni dengan aktif melakukan kerja sama investasi," kata Fadli, Selasa (28/2).

Politikus Partai Gerindra itu menjelaskan, hubungan Arab Saudi dengan negara-negara Barat memang agak kurang hangat. Pemicunya adalah kebijakan diskriminatif Amerika Serikat terhadap negara-negaraTimur Tengah.

Karenanya, katanya, Asia bisa menjadi pilihan utama bagi investor Arab Saudi. Bahkan kini investor dari negeri kaya minyak itu sudah gencar berinvestasi di Tiongkok, Jepang, Malaysia dan juga Indonesia.

"Peluang ini harus kita tangkap untuk kepentingan nasional kita," kata anak buah Prabowo Subianto di Partai Gerindra itu.

Dalam konteks tersebut, Fadli juga melihat Indonesia memiliki posisi khusus di mata Arab Saudi. Sebab, Indonesia merupakan negara muslim yang bersama Arab Saudi dan Turki tergabung dalam G20. "Kondisi ini yang  membuat Indonesia semakin strategis bagi investasi Arab Saudi," tegasnya.

Fadli pun sangat berharap agar Indonesia benar-benar bisa memanfaatkan momentum kunjungan Raja Salman. Sebab, sebelumnya kedua negara juga sudah melakukan perbincangan intensif sejak 2015 tentang rencana mega-investasi Arab Saudi di Indonesia.

Wakil Ketua DPR Fadli Zon menyatakan, kunjungan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud ke Indonesia pada 1-3 Maret merupakan peristiwa diplomatik

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News