Fadli Zon Ingatkan Kubu Jokowi - Ma'ruf Tak Libatkan Aparat untuk Kampanye

Fadli Zon Ingatkan Kubu Jokowi - Ma'ruf Tak Libatkan Aparat untuk Kampanye
Presiden Joko Widodo dan Wakil Ketua DPR Fadli Zon dalam sebuah pertemuan konsultasi pimpinan lembaga tinggi negara pada 2015. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Dewan Pengarah Badan Pemenangan Nasional Prabowo Subianto - Sandiaga Uno (BPN Prabowo - Sandi) Fadli Zon mengimbau kubu Joko Widodo - KH Ma'ruf Amin tidak melibatkan aparat birokrasi maupun hukum dalam berkampanye.

“Bukan khawatir, kami sebetulnya mengimbau harus ada keadilan dan kejujuran dalam kampanye," kata Fadli di gedung DPR, Jakarta, Senin (25/3).

Baca juga: Berkampanye di Merauke, Prabowo Bercerita soal Jelajah Rawa

Fadli menambahkan, hal itu sudah menjadi komitmen bersama antara kubu Prabowo - Sandi ataupun Jokowi - Ma’ruf. "Jangan melibatkan aparat, baik itu aparat birokrasi, aparat hukum. TNI juga jangan dilibatkan, menteri-menteri," harapnya.

Seharusnya, kata Fadli, menteri  menjadi pihak yang netral dan berkonsentrasi pada tugas-tugasnya sebagai pembantu presiden di kabinet.  Menurut dia, pelibatan menteri dalam kampanye akan menimbulkan konflik kepentingan.

Selain itu, pelibatan menteri dalam kampanye juga bertentangan dengan pernyataan Jokowi saat awal-awal menjadi presiden. "Dulu mengatakan tidak perlu terlibat dalam politik praktis," katanya.

Baca juga: Kampanye Terbuka di Banyuwangi, Jokowi Pamer Bandara Sampai Pabrik Kereta

Fadli menambahkan, tidak masalah jika para menteri mengambil cuti. Sebab, cuti merupakan hak pribadi.

Anggota Dewan Pengarah Badan Pemenangan Nasional Prabowo Subianto - Sandiaga Uno (BPN Prabowo - Sandi) Fadli Zon menjaga komitmen untuk tidak melibatkan jajaran birokrasi ataupun aparat hukum dalam kampanye.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News