Februari Menhan ke Australia Bahas Penghinaan Pancasila

Februari Menhan ke Australia Bahas Penghinaan Pancasila
Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - jpnn.com - Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu akan melawat ke Australia pada Februari mendatang. Salah satu agendanya adalah membahas kerja sama pertahanan dengan Negeri Kanguru itu.

Ryamizard mengatakan, salah satu agenda kunjungannya ke Australia adalah membahas insiden di salah satu fasilitas militer Australian Defence Force (ADF) di Perth yang menyinggung TNI. Insiden itu membuat Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo menghentikan kerja sama dengan ADF.

"Bulan depan (ke Australia, red). Kita akan lihat yang marinir (Australia) itu apa (kesalahannya dalam dugaan menghina Pancasila, red),” ujar Ryamizard di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, Senin (16/1).

Mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) itu menambahkan, dirinya ke Australia bukan karena inisiatif pribadi. Sebab, ada undangan dari pemerintah Australia agar persoalan antara kedua negara di bidang pertahanan tidak berlarut-larut. "Undangan dari sana (pemerintah Australia)," katanya.

Sebelumnya Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo menghentikan kerja sama antara institusinya dengan ADF. Keputusan itu sebagai reaksi atas dugaan penghinaan terhadap Pancasila dan kurikulum di fasilitas pelatihan ADF yang menyinggung TNI.(cr2/JPG)


Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu akan melawat ke Australia pada Februari mendatang. Salah satu agendanya adalah membahas kerja sama


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News