FFI 2017 Diharapkan Jadi Pemersatu Keberagaman

FFI 2017 Diharapkan Jadi Pemersatu Keberagaman
Dirjen Kebudayaan Kemdikbud Hilmar Farid (kiri). Foto: Humas Kemendikbud for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Festival Film Indonesia (FFI) kembali digelar untuk yang ke-31 kalinya. Tahun ini panitia merancang sistem baru yang mendorong peningkatan kualitas film Indonesia secara jangka panjang. 

"Di tengah isu intoleransi yang menerpa saat ini, FFI merupakan cara menunjukkan keberagaman. Film-film di Indonesia sangat beragam. FFI bukan sekadar festival film tetapi pernyataan tentang keberagaman kita," kata Direktur Jenderal Kebudayaan Hilmar Farid dalam konferensi pers di Jakarta, Senin malam (21/8). 

Ketua penyelenggara FFI 2017 Leni Lolang mengungkapkan, semangat penyelenggaraan di tahun ini sesuai dengan tema 72 tahun kemerdekaan Indonesia yaitu kerja bersama.

"Film bukan milik orang perfilman saja, tetapi milik kita semua," ujar Leni. 

Platform baru yang diterapkan FFI di tahun ini diharapkan semakin menguatkan unsur-unsur perfilman, serta mewujudkan kemandirian dalam penyelenggaraan berikutnya.

Salah satu sistem baru yang diterapkan adalah mekanisme penjurian. Setidaknya ada tiga kriteria yang digunakan sebagai dasar penilaian, di antaranya gagasan dan tema, kualitas teknis dan estetika, serta profesionalisme. 

"FFI 2017 akan melibatkan partisipasi langsung dari asosiasi profesi, penyelenggara festival di daerah, dan komunitas perfilman. Kami harap ini memberi penguatan kelembagaan kepada asosiasi dan komunitas perfilman yang ada," ujar Riri Riza selaku Ketua Dewan Penjurian FFI 2017.  

Gelaran Festival Film Indonesia akan dilaksanakan 11 November 2017 mendatang di Manado. Festival tahunan ini diselenggarakan berkat kerja sama Badan Perfilman Indonesia (BPI), dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (esy/jpnn)


Festival Film Indonesia (FFI) kembali digelar untuk yang ke-31 kalinya. Tahun ini panitia merancang sistem baru yang mendorong peningkatan kualitas


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News