First Media Gabungkan TV Berbayar dan Internet

First Media Gabungkan TV Berbayar dan Internet
First Media Gabungkan TV Berbayar dan Internet

jpnn.com - JAKARTA - Pertumbuhan penonton televisi dan pengakses internet di Indonesia sangat tinggi. Survei Nielsen TV Audience Measurement 2013 menyebut layar kaca menjadi media hiburan dan informasi yang utama di Indonesia dengan rata-rata waktu menonton selama empat  jam setiap harinya.

Sedangkan, Media Partners Asia 2013 mengatakan terjadi peningkatan signifikan untuk waktu yang dihabiskan guna berselancar di internet dan menempatkan Indonesia sebagai negara kedua tertinggi di Asia Tenggara.

Kondisi itu membuat industri penyedia layanan internet pita lebar (high-speed broadband) dan TV berbayar terus melakukan penetrasi pasar dengan menggabungkan keduanya. Terbaru adalah, Link Net First Media.

"Dengan populasi yang didominasi oleh kaum muda, dimana 50 persen lebih penduduk Indonesia berusia dibawah 30 tahun, Kami melihat sebuah peluang besar dan pasar yang terbuka untuk memenuhi kebutuhan dari generasi muda dengan menghadirkan sebuah perangkat yang dapat mengakses layanan TV berbayar, akses internet serta menyediakan kemampuan utk berinteraksi langsung,"  ujar CEO PT Linknet Tbk Richard Kartawijaya saat meluncurkan Smart Box HD, set top box generasi terbaru di Jakarta.

Smart Box HD merupakan set top box android yang mendapatkan sertifikasi dari Google pertama di Indonesia. Dilengkapi dengan docsis 2.0 modem didalamnya serta kemampuan interaktif dua arah yang mendukung fitur-fitur seperti video on demand, catch up TV, dan akses ke internet.

Dengan menggunakan platform Google Android 4.2 (jelly bean), set box ini memberikan akses penuh ke Google Play Store yang terkenal dengan ribuan aplikasi android antara lain youtube, gmail, facebook dan twitter.

Smart box ini juga dilengkapi dengan dua tunner sehingga dapat merekam acara di satu kanal bersamaan dengan menonton acara di kanal yang lain "serta kemampuan utk merekam acara serial.

Chief Technology Officer (CTO) PT Linknet First Media Desmond Poon menambahkan Smart Box ini adalah generasi terbaru set top box dari First Media yang dirancang khusus untuk menggabungkan layanan akses internet dengan layanan TV berbayar. Penggabungan tersebut dapat ditawarkan sebagai solusi yang terintegrasi.

JAKARTA - Pertumbuhan penonton televisi dan pengakses internet di Indonesia sangat tinggi. Survei Nielsen TV Audience Measurement 2013 menyebut layar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News