Fitness, Bukan Sekadar Jaga Kebugaran Tubuh

Fitness, Bukan Sekadar Jaga Kebugaran Tubuh
Fitness: Berawal dari keinginan untuk membentuk tubuh ideal, kini menjadi menjaga kebugaran. Foto: ELANG KHARISMA DEWANGGA/RADAR JOGJA

jpnn.com, YOGYAKARTA - Fitness merupakan salah satu kegiatan olahraga untuk menjaga kebugaran tubuh. Tak hanya menyehatkan, aktivitas fitness ternyata juga mampu memulihkan seseorang dari cedera.

Angela Louis Radetya salah satunya. Mantan atlet wushu ini mengikuti aktivitas fitness untuk kesembuhan lututnya. "Aku nge-gym gara-gara waktu itu lututku cidera," ujarnya di sela-sela aktivitas nge-gym-nya.

Saat menjadi atlet, lutut Angela sempat mengalami robek pada ligamen dan meniskusnya. Dia pun membutuhkan pemulihan. Selain perlahan-lahan memulihkan, Angela juga harus tetap menjaga ketahanan lututnya. Oleh sebab itu dia memilih gym.

BACA JUGA: Gangguan Tidur Bisa Picu Stres?

Dipandu dengan seorang personal trainer, Angela melakukan gym dan fitness 2-3 kali dalam seminggu. Untuk memulihkan kondisi lututnya, aktivitas gym itu telah dia lakukan selama lima bulan terakhir.

"Sebenarnya kalau ligamen dan meniskus sobek biasanya nggak bisa sembuh. Jadi seumur hidup. Tapi aku milih untuk menahannya," kata Angela.

Aktivitas nge-gym itu adalah untuk pertama kali ia lakukan. Selain pemulihan, dia pun merasakan perubahan pada tubuhnya yakni penurunan berat badan. Lemak pada tubuhnya pun berkurang.

Sedangkan Asty Tyas mahasiswa semester VIII Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta, menyukai gym karena ingin tubuhnya ideal. Namun lama kelamaan kegemarannya ini berubah untuk kebugaran tubuh. ”Jadinya udah seneng jadi untuk kebugaran,” papar Asty.

Untuk menjaga kebugaran, banyak kegiatan olahraga yang bisa dilakukan, salah satunya melakukan fitness.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News