Fokus Perangi Maute di Marawi, Duterte Batalkan Lawatan ke Luar Negeri

Fokus Perangi Maute di Marawi, Duterte Batalkan Lawatan ke Luar Negeri
Rodrigo Duterte. Foto: Presidential Photo via Philstar

jpnn.com, MANILA - Presiden Filipina Rodrigo Duterte membuktikan keseriusannya menangani militan Maute di Kota Marawi, Provinsi Lanao del Sur di Pulau Mindanao.

Setelah memotong kunjungannya ke Rusia, presiden yang sering mendapat sorotan miring dunia Barat karena kebrutalan memerangi narkobanya itu, membatalkan perjalanannya ke Tokyo.

Duterte sebelumnya dijadwalkan memberikan pidato dalam penutupan konferensi The Future of Asia di ibu kota Jepang tersebut pada 5-6 Juni.

"Kami menyesal untuk memberitahukan bahwa Presiden Filipina Rodrigo Duterte membatalkan kehadirannya di konferensi tahun ini," bunyi pernyataan penyelenggara Nikkei Inc di situs resminya.

Konferensi tersebut rencananya juga akan dihadiri Wakil Presiden RI Jusuf Kalla, Perdana Menteri Vietnam Nguyen Xuan Phuc, Perdana Menteri Laos Thongloun Sisoulith, dan Wakil Perdana Menteri Thailand Somid Jatusripitak.

Meskipun tidak ada pengumuman resmi dari Malacanang (istana kepresidenan Filipina), namun publik menilai keputusan Duterte itu dipengaruhi oleh situasi terkini di Marawi.

Juru bicara kepresidenan Ernesto Abella hanya mengatakan, saat ini presiden menghadapi banyak situasi di dalam negeri, tanpa mengacu pada pengawasan operasi militer terhadap Maute di Marawi.

"Sejauh yang kami tahu, dia lebih suka tinggal (tidak ke luar negeri)," kata Abella seperti dilansir dari Philstar, Rabu (31/5). (adk/jpnn)

Presiden Filipina Rodrigo Duterte membuktikan keseriusannya menangani militan Maute di Kota Marawi, Provinsi Lanao del Sur di Pulau Mindanao.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News