Forum Aktivis Indonesia Laporkan Sandi ke Bawaslu

Forum Aktivis Indonesia Laporkan Sandi ke Bawaslu
Calon Wakil Presiden 2019-2024 Sandiaga Uno mengikuti tes kesehatan di RSPAD, Jakarta, Senin (13/8). Foto : Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Forum Aktivis Indonesia (FAI) mendesak Bawaslu untuk segera melakukan tindakan tegas terkait dugaan mahar politik yang dilakukann Sandiaga Uno.

Sebelumnya, Sandiaga Uno diduga memberikan mahar politik sebesar Rp 1 triliun. tegas.

"Bawaslu harus segera memanggil Sandiaga Uno untuk diperiksa atas dugaan uang mahar 1 triliun untuk PKS dan PAN," kata Koordinator FAI Zacky Indra kepada wartawan di Gedung Bawaslu, Kamis (16/8).

Zacky mengatakan, jika dugaan mahar untuk mendapat rekomendasi sebagai cawapres benar maka bawaslu dan penegak hukum harus secepatnya memproses sesuai prosedur.

Sebaliknya, jika dugaan mahar tidak benar, maka pihak penuduh dalam hal ini Wasekjen Partai Demokrat Andi Arief harus bertanggungjawab di hadapan hukum.

Menurutnya pemanggilan Sandi harus segera dilakukan, sebab isu dugaan mahar politik dapat mencoreng kultur demokrasi di Indonesia.

Selain itu, jika terus dibiarkan tindakan mahar politik akan terus dipraktikkan oleh partai maupun okum kader partai di internal maupun di masyarakat.

"Setop dan usut tuntas Money Politik menjelang Pilpres 2019 karena melanggar Pasal 228 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilu serta aturan lain yang berlaku," demikian Zacky. (rmol)


Forum Aktivis Indonesia (FAI) mendesak Bawaslu untuk segera melakukan tindakan tegas terkait dugaan mahar politik yang dilakukann Sandiaga Uno.


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News