FPKB Janji Dampingi Persoalan Suku Koto di Kinali Pasaman Barat

FPKB Janji Dampingi Persoalan Suku Koto di Kinali Pasaman Barat
Ketua FPKB Ida Fauziyah (dua kanan) menerima aduan masyarakat. Foto: source for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DPR berjanji akan mendampingi persoalan perebutan kepala suku Koto, di Kinali Pasaman Barat, Sumatera Barat. Ketua FPKB Ida Fauziyah mengatakan hal tersebut usai menerima Yang Dipertuan Kinali Rajo Ampek Selo Pasaman, Tengku Asrul dan rombongannya di kantor fraksi, Senin (5/6).

“Negera wajib hadir dan memberi perlindungan agar adat-istiadat tumbuh kembang tanpa intervensi pihak tertentu,” ungkap Ida.

Rombongan dari Kinali itu mendatangi FPKB untuk mengadukan adanya upaya kudeta adat yang mereka anggap bertentangan dengan ketentuan di Minangkabau.

Menurut Ida, Fraksi PKB akan melayangkan surat resmi kepada institusi tertait. "Khususnya pemerintah setempat, baik Kabupaten Pasaman Barat dan tentunya Provinsi Sumatera Barat, kami menghendaki segera tuntas hingga tidak ada keresahan pada masyarakat,” ujarnya.

Anggota FPKB DPR RI, Nihayatul Wafiroh yang ikut mendampingi dalam pertemuan tersebut mengatakan, PKB menurutnya akan siap melakukan pendampingan agar proses penobatan gelar kepala suku adat Koto tidak menyalahi ketentuan adat.

“Sebagai partai advokasi, pengaduan ini penting bukan hanya kami dengar, namun akan kami tindak lanjuti dan kawal hingga tuntas,” ungkap anggota Komisi X FPKB DPR RI itu. (adk/jpnn)

Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DPR berjanji akan mendampingi persoalan perebutan kepala suku Koto, di Kinali Pasaman Barat, Sumatera Barat.


Redaktur & Reporter : Adek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News