Gak Suka Lari? Coba Latihan 3 Jenis Kardio Ini

Gak Suka Lari? Coba Latihan 3 Jenis Kardio Ini
Atlet Lari. ILUSTRASI. FOTO: JawaPos.com

jpnn.com - Olahraga lari, baik jarak jauh - seperti lari maraton atau sekadar olahraga lari intensitas ringan hingga sedang - menjadi tren di masyarakat. Lari adalah salah satu olahraga kardio yang baik untuk kesehatan.

Olahraga ini juga bisa dilakukan dengan mudah dilakukan kapan saja, di mana saja, dan oleh siapa saja. Namun, bagaimana dengan Anda yang tak suka? Tak perlu khawatir, ada banyak alternatif latihan kardio lain yang bisa Anda coba.

Latihan kardio, apa itu?

Latihan kardio (cardio exercise) yang merupakan istilah medis untuk organ jantung dan pembuluh. Latihan yang bersifat kardio berarti berfokus untuk memaksimalkan fungsi jantung, yang ditandai dengan meningkatnya frekuensi detak jantung saat melakukan latihan hingga batas tertentu.

Latihan kardio diharapkan akan menyehatkan jantung secara khusus dan meningkatkan kebugaran tubuh secara umum. Dengan rutin berolahraga kardio, hasil yang diukur biasanya adalah rendahnya frekuensi detak jantung pada saat istirahat, yang berarti jantung dapat memompa darah ke seluruh tubuh dengan kekuatan yang maksimal, tapi efisien.

Jenis-jenis latihan kardio

Lari adalah salah satu jenis latihan kardio yang paling dianjurkan jika Anda tidak memiliki kondisi tertentu yang dapat menghambat. Jika lari dilakukan secara rutin dan disertai teknik yang tepat, latihan ini dapat menyehatkan jantung sekaligus membakar lemak, sehingga membantu Anda mendapatkan tubuh ideal.

Tentunya, ada beberapa kondisi seseorang perlu mencari alternatif latihan kardio selain berlari. Bukan hanya sekadar tak suka, tapi jika ada beberapa kondisi medis tertentu seperti penurunan fungsi sendi, adanya gangguan otot dan tulang, atau bahkan gangguan jantung sehingga intensitas olahraga menjadi terbatas.

Bila Anda tidak suka lari, tak perlu khawatir, ada banyak alternatif latihan kardio lain yang bisa Anda coba.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News