Ganjil Genap Jakarta Bakal Dilaksanakan pada 1 Juli

Ganjil Genap Jakarta Bakal Dilaksanakan pada 1 Juli
Penerapan sistem kebijakan ganjil genap di tol. Foto IST

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bakal melakukan uji coba ganjil genap di sejumlah jalan protokol ibu kota pada 1 Juli 2018 mendatang.

Sampai pada saat ini, sistem pengaturan lalu lintas itu masih dalam tahap sosialisasi.

"Untuk yang DKI sendiri perluasan ganjil genap di jalan arteri skedulnya adalah di minggu ketiga dan keempat Juni ini sosialisasi. Kemudian nanti per 1 Juli sampai 31 Juli, kami akan melaksanakan uji coba tersebut," kata Wakil Kepala Dinas Perhubungan Sigit Wijatmoko di Mapolda Metro Jaya, Senin (25/6).

Sigit menambahkan, sistem ganjil genap akan efektif dilaksanakan pada 1 Agustus mendatang.


Baru nanti di 1 Agustus efektif dilaksanakan gangen diperluas akan diterapkan. Pada waktu itu, Sigit menerangkan, sistem ganjil genap akan diperluas pelaksanaannya.

"Pelaksanaannya, Senin sampai Minggu pukul 06.00 sampai 21.00. Selama Asian Games," tegas Sigit.

Penerapan ganjil genap ini, menurut Sigit, bertujuan untuk mempersingkat waktu tempuh atlet menuju lokasi penyelenggaraan pertandingan. Pengaturan internasional adalah 34 menit.

Namun demikian, Sigit juga mengatakan, penerapan ganjil genap sebagai upaya Pemprov DKI mengalihkan pengguna kendaraan pribadi ke transportasi umum. Selain itu, penerapan sistem lalu lintas ini diharapkan bisa menekan polusi udara. (tan/jpnn)


Penerapan ganjil genap ini bertujuan untuk mempersingkat waktu tempuh atlet Asian Games menuju lokasi penyelenggaraan pertandingan.


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News