Gara-Gara Urusan Duniawi, Saudi Halangi Warga Qatar Naik Haji

Gara-Gara Urusan Duniawi, Saudi Halangi Warga Qatar Naik Haji
Qatar. Foto: Aljazeera

jpnn.com, DOHA - Urusan duniawi membuat umat Islam di Qatar tak bisa menunaikan ibadah haji tahun ini. Urusan duniawi yang dimaksud adalah perseteruan antara negara mereka dengan Arab Saudi.

Seperti diketahui, sekitar 12.000 Qatar melakukan haji pada bulan September 2016. Namun, beberapa bulan kemudian Arab Saudi dan sekutunya memutuskan hubungan dengan negara tersebut atas tuduhan mendukung kelompok radikal. Sejak saat itu, Qatar dikucilkan negara-negara tetangganya.

BACA JUGA: Pemerintah Arab Saudi Tangguhkan Kewajiban Perekaman Biometrik

Kini, ribuan muslim Qatar kembali berharap bisa mengunjungi Tanah Suci. Namun, Saudi tetap keras kepala. Mereka hanya mengizinkan warga Qatar umrah atau ziarah kecil selama bulan suci Ramadan.

Kebijakan baru Saudi itu tentu tidak mendapat tanggapan positif dari Qatar. Dikabarkan Channel News Asia, Kementerian Urusan Islam Qatar meminta pemerintah Saudi untuk mengangkat semua hambatan.

Kementerian itu juga menyerukan penghapusan langkah-langkah diskriminatif terhadap warga Qatar. (rmol)


Urusan duniawi membuat umat Islam di Qatar tak bisa menunaikan ibadah haji tahun ini. Urusan duniawi yang dimaksud adalah perseteruan antara negara mereka dengan Arab Saudi.


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber RMOL.co

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News